Film ‘Keluarga Cemara’ Borong Penghargaan di Piala Maya 2018

Film Keluarga Cemara produksi Visinema Pictures raih enam penghargaan di Piala Maya 2018. (Foto: Dok. Visinema Pictures)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com–Ajang penghargaan film Piala Maya kembali digelar untuk ketujuh kalinya pada Sabtu (19/01/19). Dari sederet penghargaan yang diberikan, film Keluarga Cemara produksi Visinema Pictures berhasil membawa pulang enam piala dari total 11 nominasi.

Walau baru tayang di layar lebar selama kurang lebih tiga minggu sejak 3 Januari 2019, Keluarga Cemara telah sukses menjadi film Indonesia pertama yang menembus angka satu juta penonton di tahun ini. Tak ayal bila film ini pun dinobatkan sebagai Film Cerita Panjang / Film Bioskop Terpilih Piala Maya 2018 mengalahkan Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212, Love for Sale, dan Aruna dan Lidahnya.

Sutradara film Keluarga Cemara Yandy Laurens juga mendapat penghargaan sebagai Sutradara Berbakat Film Panjang Karya Perdana lewat karyanya ini. Yandy memang telah lama berkecimpung di dunia perfilman, khususnya film pendek dan serial berbasis daring. Namun, Keluarga Cemara menjadi proyek layar lebar pertamanya.

Menurut Yandy, Keluarga Cemara berhasil berkat proses kolaborasi yang luar biasa. “Proses pembuatan film yang menyenangkan, banyak hal ke depan yang dapat dikolaborasi lagi,” ujarnya seperti dilansir dari Tempo.co.

Selain itu, Keluarga Cemara juga memenangkan kategori Skenario Adaptasi Terpilih. Skenario yang ditulis oleh Gina S. Noer bersama Yandy Laurens ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Arswendo Atmowiloto. Gina menuturkan bahwa Arswendo membebaskannya untuk berkarya dengan cerita asli Keluarga Cemara.

Dari segi musik, Keluarga Cemara membawa pulang dua piala. Lagu tema berjudul Harta Berharga yang dibawakan oleh Bunga Citra Lestari menjuarai kategori Lagu Tema Terpilih. Begitu pula dengan tata musik karya Ifa Fachir yang menjadi Tata Musik Terpilih Piala Maya 2018.

Pemain film pendatang baru Ahisty Zara atau yang lebih dikenal dengan Zara JKT 48 juga menyabet penghargaan sebagai Aktris Remaja Terpilih lewat perannya sebagai Euis di film Keluarga Cemara. Ini menjadi penghargaan pertama Zara sebagai aktris setelah sebelumnya bermain sebagai Disa di film Dilan 1990.

Tak hanya Keluarga Cemara, film Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 dan Love for Sale juga cukup banyak mendapat panggung di Piala Maya 2018 dengan masing-masing meraih lima penghargaan dan tiga penghargaan. Aktor Gading Marten terpilih sebagai Aktor Utama Terpilih atas perannya sebagai Richard di film Love for Sale setelah sempat meraih Piala Citra lewat peran yang sama. Mendampingi Gading, aktris Luna Maya pun dinobatkan sebagai Aktris Utama Terpilih lewat perannya sebagai Suzzanna di film Suzzanna: Bernapas dalam Kubur.

 

Penulis: Charlenne Kayla Roeslie

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Dok. Visinema Pictures

Sumber: Cnnindonesia.com, Antara.com, Tempo.co