Google Doodle Rayakan 109 Tahun Ibu Soed

Ilustrasi Ibu Soed pada mesin pencari Google
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Google Doodle Minggu (26/03/2017) ikut merayakan ulang tahun ke-109 pencipta lagu anak-anak terkenal Ibu Soed. Gambar wanita yang terlahir dengan nama Saridjah Niung yang sedang bernyanyi ditonton oleh anak-anak ini menjadi pembuka mesin pencari Google.

Lahir di Sukabumi, Jawa Barat, Ibu Soed adalah seorang pemain musik, guru, penyiar radio, pemain drama, dan pencinta batik. Sebagai pemusik biola, ia pernah ikut mengiringi lagu Indonesia Raya ketika pertama kali didengungkan di Gedung Pemuda 28 Oktober 1928. Bakat musik wanita berdarah Bugis ini terasah sejak kecil oleh ayah angkat yang mengasuhnya, Mr. J.F. Kramer. Di bawah asuhan sang ayah angkat, Ibu Soed mendapat pendidikan seni suara, seni musik, dan belajar menggesek biola.

Awal karir Ibu Soed dimulai setelah menamatkan pendidikan di Kweekschool, Bandung. Ia mulai mengajar anak-anak bernyanyi di Hollandsch-Inlandsche School (HIS) Petojo, HIS Jalan Kartini, dan HIS Arjuna, yaitu sekolah Belanda untuk bumiputera pada zaman itu. Awalnya Ibu Soed prihatin melihat anak-anak Indonesia yang saat itu tampak kurang bahagia, ia berpikir untuk menyenangkan anak-anak itu dengan mengajarkan mereka menyanyi.

Ibu Soed yang mulai mengajar anak-anak pada zaman Belanda berpikir sebaiknya anak-anak Indonesia itu dapat menyanyi dalam bahasa Indonesia. Menurutnya akan lebih menyenangkan daripada harus mengajarkan lagu berbahasa Belanda kepada murid-murid Indonesia sehingga ia mulai menciptakan lagu. Sampai saat ini diperkirakan ada lebih dari 200 lagu hasil ciptaannya, walau hanya separuh yang bisa terselamatkan dan bertahan hingga sekarang.

Beberapa lagu ciptaannya yang terkenal seperti Tanah Airku, Tik-tik, Bunyi Hujan, Hai Becak, Menanam Jagung, Burung Kutilang, Nenek Moyang, dan Kupu-kupu masih sering diajarkan dan diperdengarkan di sekolah-sekolah dasar.

Penulis: Ariefiani Elfrida Mastina Harahap

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: global.liputan6.com

Sumber: global.liputan6.com, tokohindonesia.com