Kiat-Kiat Menghemat Uang Bulanan

Cutting costs
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Menjadi anak indekos sembari kuliah menuntut kemandirian mahasiswa, salah satunya dalam hal menghemat uang saku. Seringkali kurangnya kemampuan mengelola uang saku menjadi masalah di akhir bulan untuk mahasiswa. Itu sebabnya, penting untuk mengelola keuangan pribadi. 

Selain itu, hedonisme menjadi masalah dalam menghemat uang. Sebab, mahasiswa tak dapat berhemat dan mengeluarkan uang di saat yang bersamaan. Berikut merupakan kiat-kiat menghemat uang bulanan yang tepat untuk anak indekos:

  • Menabung di Awal Bulan

Banyak mahasiswa keliru mengelola uang bulanan mereka. Umumnya, mahasiswa menyisihkan uang untuk ditabung usai membelanjakan kebutuhan dan keinginan. Padahal, seharusnya hal tersebut dilakukan di awal bulan sebelum muncul keinginan untuk membeli hal yang tidak dibutuhkan. Menabung sebaiknya dilakukan di awal bulan dengan komitmen penuh untuk menabung.

  • Hindari Belanja Camilan

Membelanjakan cemilan dianggap sebagai salah satu cara menghemat bagi banyak anak indekos. Namun faktanya, kebanyakan anak indekos lebih memilih makan dua kali sehari dari pada menyantap camilan berkali-kali. Membeli camilan hanya akan menguras uang bulanan. Pada akhirnya di saat lapar melanda, hanya nasi dan lauk-pauk yang bisa mengenyangkan.

Karena itu, dari pada membeli camilan dan minuman berperasa, lebih baik membeli makanan siap saji atau makanan beku. Makanan itu lebih bisa dijadikan sebagai cadangan apabila cadangan uang di akhir bulan sudah benar-benar habis.

  • Masak Sendiri

Pengeluaran terbesar anak indekos adalah pengeluaran untuk makan. Akan menjadi lebih hemat apabila bisa memasan nasi dan lauk lainnya yang bisa disimpan untuk beberapa kali makan. Dari pada harus membeli makan sebanyak tiga kali sehari, tentu akan lebih hemat apabila bisa membawa makanan sendiri sebagai bekal.

  • Perhatikan Harga, Jangan Lihat Merek

Ketika sedang berbelanja kebutuhan bulanan, jangan terpaku pada merek. Fokuslah pada membandingkan harga yang paling murah. Jangan lupa untuk memperhatikan isi bersih dari produk tersebut untuk memastikan kualitas isi dari produk. Hindari pembelian dalam bentuk kemasan kecil untuk sampo dan sabun mandi. 

  • Sembunyikan Uang Untuk Kejutan

Biasakan untuk menyembunyikan uang uang di dompet, laci, tas, buku, atau tempat-tempat tersembunyi lainnya. Uang yang tersembunyi tersebut nantinya bisa menjadi kejutan setelah uang jajan habis. Uang yang disimpan tersebut bisa saja terlupakan dan ditemukan kembali di akhir bulan. 

Itulah kiat-kiat menghemat uang bulanan untuk anak indekos. Jangan lupa, kebiasaan konsumtif bisa diubah dengan niat yang kuat untuk menghemat. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Bella Calista

Editor: Hilel Hodawya

Foto: ahliduit.com

Sumber: hipwee.com , cermati.com