Tips Atasi Homesick bagi Mahasiswa Rantau

(ilustrasi: lifehacker.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Meninggalkan segala kenyamanan di rumah membuat mahasiswa rantau acap kali merindukan kampung halaman atau yang biasa disebut homesick. Terkadang rasa rindu tersebut membuat kita malas menjalani aktivitas, sehingga banyak tugas yang terbengkalai.

Homesick memang sulit untuk dihilangkan, tetapi bisa diatasi dengan beberapa cara berikut:

1. Perbanyak teman

Memperbanyak teman bisa mengusir rasa kesepianmu. Selain untuk mempermudah proses adaptasi di lingkungan baru, kalian juga dapat berbagi cerita dengan mereka.

2. Mencari kesibukan

Tak ada salahnya mencoba menjadi mahasiswa aktif. Mengisi waktu kosong dengan kegiatan-kegiatan positif dapat membuat fokus teralihkan ke kegiatan tersebut. Mendaftarkan diri di UKM, bergabung dengan komunitas tertentu, merapikan kamar kos, menjadi anggota di suatu kepanitiaan, atau mengikuti les musik bisa menjadi pilihan untuk mengisi kesenggangan.

3. Pertahankan komunikasi

Komunikasi dengan keluarga yang berada di rumah sangatlah penting. Dengan perkembangan teknologi, komunikasi dapat dilakukan dengan menelpon keluarga untuk saling memastikan kabar dan mengurangi rasa rindu.

4. Makan masakan rumah

Di perantauan, masakan Ibu dan makanan daerah asal adalah hal yang paling sering dirindukan. Untuk mengatasi kerinduan itu, kalian dapat mengunjungi rumah makan yang menjajakan masakan daerah asal atau mencoba memasak makanan yang sering dimasak oleh Ibu.

Untuk membuat rasa yang sama persis, coba tanyakan resep rahasia masakan favoritmu pada Ibu.

5. Ingat kembali tujuan awal

Ketika mulai kehilangan semangat menjalani hidup di perantauan, ingatlah kembali tujuan awal kita kala memutuskan pergi dari rumah dan berpisah dengan keluarga. Hal tersebut bertujuan meningkatkan motivasi menjalani perkuliahan untuk membanggakan orangtua.

Sekarang, apakah kalian siap mengatasi rindu?

 

Penulis: Agatha Lintang

Editor: Gilang Fajar Septian

Ilustrasi: lifehacker.com