Barcelona Juarai Piala Dunia Antarklub 2015

Share:

YOKOHAMA, ULTIMAGZ.com – Barcelona memastikan gelar juara Piala Dunia Antarklub 2015 usai mengalahkan wakil Amerika Latin, River Plate di babak final dengan skor 3-0. Laga ini bertempat di Yokohama International Stadium, Minggu (20/12).

River banyak melakukan tekanan pada hampir setengah babak pertama, namun hal tersebut tidak bertahan hingga akhir babak. Mengendurnya serangan River berhasil dimanfaatkan oleh Los Blaugrana untuk melancarkan serangan. Gol pertama pun berhasil dicetak Lionel Messi usai memanfaatkan teamplay dari Dani Alves dan Neymar.

Meski sempat memberikan beberapa serangan, terutama melalui duet Messi dan Suarez, Los Blaugrana gagal menambah keunggulan dan menutup paruh pertama dengan keunggulan satu gol.

Belum sampai lima menit berjalannya babak kedua, anak asuh Luis Enrique langsung menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Luis Suarez, yang bersinar pada laga semifinal melawan Guangzhou Evergrande, mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan dari Sergio Busquets.

Tekanan terus diberikan Barca melalui trio MSN, dan performa River mulai menurun. Alhasil pada menit ke-68, Suarez berhasil mencetak gol keduanya pada laga ini. Suarez memanfaatkan umpan Neymar yang diawali dari pergerakkan Messi ke dalam kotak penalti.

Barca menurunkan intensitas serangan jelang berakhirnya laga. River kemudian sempat memberikan beberapa perlawanan melalui Lucas Alario dan Gonzalo Martinez, namun tak ada satupun yang mampu menjebol gawang Claudio Bravo.

Dengan ini, Barcelona telah menjuarai tiga Piala Dunia Antarklub, yakni pada tahun 2009, 2011, dan kini 2015. Dalam tiga final tersebut, Barcelona selalu berhadapan dengan tim dari Amerika Latin, yaitu Estudiantes (Argentina) pada 2009, Santos (Brazil) pada 2011, dan River Plate (Argentina) pada 2015.

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: goal.com

Foto: Reuters