“Brace” Cavani Antar Uruguay ke Babak 8 Besar

(Sumber: Reuters.com)
Share:

SOCHI, ULTIMAGZ.com – Tim nasional Uruguay berhasil mengalahkan Portugal dengan skor 2-1 melalui brace Edinson Cavani dalam laga yang digelar di Fisht Stadium, Sochi, pada Minggu (01/07/2018). Kemenangan ini mempertemukan Uruguay dengan Prancis yang sebelumnya telah menang dengan skor 4-3 atas Argentina.

Sejak dimulainya babak pertama, kedua tim berusaha menunjukkan permainan terbaiknya. Baik Uruguay dan Portugal sama-sama saling bergantian menyerang di menit-menit pertama. Peluang pertama didapatkan oleh “Selecao” melalui pemain bintangnya, Cristiano Ronaldo yang mendapat umpan dari  Bernardo Silva. Namun, bola sepakan Ronaldo masih mampu diamankan oleh Fernando Muslera.

Pada menit ke-7, Cavani mengubah kedudukan menjadi 1-0. Memanfaatkan umpan silang dari Luis Suarez, bola sundulan Cavani tak kuasa dihentikan oleh Rui Patricio.

Tertinggal satu gol membuat Portugal menggencarkan serangan. Tim asuhan Fernando Santos berusaha mengurung pertahanan Uruguay, tetapi tim berjuluk “La Celeste” mampu menahan serangan-serangan dari para pemain Portugal. Kedudukan 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, Uruguay mulai mampu menguasai bola dan menyerang pertahanan Portugal. Ronaldo dan kawan-kawan pun merespon dengan pola permainan menyerang seperti pada babak pertama.

Jual-beli serangan antara Uruguay dan Portugal ternyata dapat lebih dimaksimalkan oleh sang juara Euro 2016. Lewat tendangan pojok hasil eksekusi Raphael Guerreiro, Pepe yang lolos dari kawalan bek Uruguay berhasil melompat dan menyundul bola untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Mampu menyamakan kedudukan membuat tim runner-up grup B semakin percaya diri untuk menyerang. Mereka kembali mengurung Uruguay, meski tak mampu menemukan celah karena rapatnya pertahanan tim arahan Oscar Tabarez.

Terlalu banyak menyerang, Portugal kerap kehilangan bola yang dimanfaatkan oleh Uruguay untuk melakukan serangan balik. Kelemahan tersebut sukses dieksploitasi oleh Bentacur yang pada menit ke-62 mengirimkan umpan sederhana untuk dikonversi oleh Cavani menjadi gol keduanya. Uruguay pun kembali unggul dengan skor 2-1.

Pada menit ke-71, Uruguay harus kehilangan Cavani karena cedera pada kaki. Kehilangan Cavani membuat penyerangan Uruguay menurun, mengingat peran vital pemain Paris Saint Germain (PSG) itu pada pertandingan ini.

Tertinggal 2-1, Portugal pun berinisiatif untuk membombardir pertahanan Uruguay di menit-menit akhir pertandingan. Rui Patricio meninggalkan gawang yang ia kawal untuk membantu penyerangan Portugal, namun kesigapan dari lini belakang Uruguay memastikan skor 2-1 tetap bertahan hingga pertandingan berakhir.

Lewat kemenangan ini, Uruguay sukses memperpanjang catatan impresifnya pada Piala Dunia tahun ini setelah mampu menyapu bersih seluruh laga yang mereka jalani di Rusia.

 

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Reuters.com