Indonesia Beruntung, Vietnam Merana

Share:

Laporan langsung penulis Ultimagz.com, Evans Simon dari Vietnam.

HANOI, ULTIMAGZ.com – Laga pertama tim nasional Indonesia di AFF Cup 2014 melawan Vietnam berakhir dengan skor imbang 2-2. Meski hanya mendapatkan satu poin, Alfred Riedl, pelatih Indonesia, mengaku cukup puas dengan performa anak asuhnya.

“Hasil ini bukanlah hasil yang mengejutkan, tetapi Vietnam bermain lebih baik. Mereka bermain dengan agresif dan cepat. Persiapan kami tidak cukup baik, terutama mengenai fisik para pemain. Kami mendapatkan keberuntungan dan hal ini biasa terjadi di sepak bola,” ujar Riedl dalam konferensi pers seusai laga di My Dinh Stadium, Hanoi, Sabtu (22/11) kemarin.

Dua kali tertinggal lewat gol dari Que Ngoc Hai (11’) dan Lee Cong Vinh (67’), Indonesia beruntung dapat memaksakan hasil imbang berkat Zulham Zamrun (32’) dan Samsul Arif (61’). Menurut Riedl, para pemain Indonesia juga kesulitan untuk mengatasi tekanan dari puluhan ribu pendukung Vietnam yang sangat bersemangat mendukung timnya sepanjang laga.

“Saya telah menyaksikan dua pertandingan uji coba Vietnam. Permainan mereka berkembang. Ini adalah hasil yang positif. Seiring berjalannya turnamen, kondisi fisik pemain kami akan membaik,” tambah dirinya.

Vietnam Kecewa

Sementara itu, pelatih Vietnam, Toshiya Miyura, mengaku cukup kecewa harus berbagi poin dengan Indonesia. Pasalnya, statistik yang dikeluarkan oleh AFF menunjukkan bahwa Vietnam unggul dalam penguasaan bola sebesar 60% berbanding 40%. Mereka juga memiliki tujuh kesempatan tendangan ke arah gawang.

“Kami memiliki cukup banyak peluang yang seharusnya dapat dimaksimalkan. Kami terlalu banyak membuang peluang setelah masuk ke daerah pertahanan lawan,” keluh Miura. Meski merasa senang dengan dukungan yang diberikan oleh para pendukung tuan rumah, pelatih asal Jepang tersebut tetap merasa harus memperbaiki lini belakang. Pasalnya, seluruh gol tim Merah-Putih berasal dari blunder yang dilakukan oleh pemain Vietnam.

“Kami memiliki sedikit masalah pada pertahanan kami. Masih ada evaluasi yang harus saya lakukan untuk pertandingan berikutnya,” tuntas Miura.

Pada laga lain, Filipina membantai Laos dengan skor 4-1. Dengan hasil ini, Indonesia dan Vietnam bertengger di posisi kedua dan ketiga klasemen sementara grup A.

JADWAL PERTANDINGAN:

Selasa (25/11)

Indonesia vs Filipina, pkl. 15.00 WIB

Vietnam vs Laos, pkl. 19.00 WIB

Penulis: Evans Simon

Foto: Evans Simon

Editor: Patric Batubara