Kartu Merah Pertama Sepanjang Karier Juan Mata

Share:

WEST BROMWICH, ULTIMAGZ.com – Selain menjadi salah satu faktor penyebab kekalahan 0-1 Manchester United dari West Bromwich Albion, kartu merah yang diterima oleh Juan Mata pada laga di The Hawthorns, Minggu (6/3), merupakan kartu merah pertama yang diterima gelandang asal Spanyol tersebut sepanjang kariernya.

Menurut catatan Opta, diusirnya Juan Mata dari lapangan oleh wasit Mike Dean akibat kartu kuning kedua pada menit ke-26, merupakan yang pertama kali dalam karier Mata di Liga Primer Inggris, baik saat dirinya masih membela Chelsea pada 2011 hingga 2014 lalu, ataupun di United pada 2014 sampai saat ini.

Bahkan, jika ditelusuri lebih jauh lagi, kartu merah ini merupakan yang pertama kalinya sepanjang karier sepak bola Mata. Sejak mengawali karier profesionalnya bersama Real Madrid B pada 2006-2007 dan bermain untuk Valencia di La Liga pada 2007 hingga 2011, tak sekalipun dirinya pernah memeroleh kartu merah dari wasit. Juga dalam kariernya bersama tim nasional Spanyol, Mata belum pernah diusir dari lapangan oleh sang pengadil.

Kartu kuning kedua pada menit ke-26 yang membuatnya memperoleh kartu merah perdana dalam kariernya ini, disebabkan oleh tekel kerasnya kepada kapten West Brom dan mantan pemain United, Darren Fletcher. Sementara itu, kartu kuning pertama diterima Mata akibat pelanggaran konyol dengan tidak mundur lebih jauh saat menghalangi tendangan bebas Fletcher pada menit ke-23.

Pelatih United Louis van Gaal menyayangkan kartu merah Mata tersebut. Menurutnya, Mata seharusnya lebih waspada setelah memperoleh kartu kuning pertama.

“Saya pikir kartu kuning pertama adalah tindakan bodoh. Namun, Anda tahu telah menerima satu kartu kuning dan harus waspada dengan yang kedua. Itu hal yang sulit. Anda merugikan keuntungan tim,” tegasnya menanggapi kecerobohan salah satu anak asuhnya tersebut.

United takluk 0-1 atas West Brom pada laga tersebut akibat gol Jose Salomon Rondon pada menit ke-66, usai menerima umpan silang Sebastien Pocognoli. Hasilnya, The Red Devils harus rela melorot satu peringkat keluar lima besar ke posisi enam klasemen sementara Liga Primer Inggris.

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Petrus Tomy

Sumber: OptaSports, fourfourtwo.com, goal.com, skysports.com, dan bola.net

Foto: Reuters/Darren Staples