Katalonia Merdeka, Barcelona Keluar dari La Liga?

Share:

BARCELONA, ULTIMAGZ.com – Referendum kemerdekaan Katalonia yang direncanakan berlangsung pada 1 Oktober 2017 tidak hanya membuat pemerintahan negeri matador pusing, para pecinta sepak bola pun turut mempertanyakan kelanjutan nasib FC Barcelona di La Liga Spanyol.

Kabar akan berpisahnya Katalonia dari pemerintahan Spanyol sendiri sebetulnya bukan merupakan barang baru. Sebab, mayoritas warga dari wilayah yang terdiri dari empat provinsi itu sudah sejak lama menyuarakan keinginan untuk berpisah dari tetangga Portugal itu.

Wacana itu merembet kepada status Barca sebagai peserta di La Liga, klub yang berbasis di Katalonia ini terancam kehilangan keanggotaannya di salah satu liga paling populer tersebut. Hal ini dapat dibilang tidak menguntungkan karena penggemar laskar merah-biru dari luar Spanyol tidak akan lagi bisa menyaksikan aksi Lionel Messi dan kawan-kawan di La Liga, khususnya ketika bersua dengan rival abadi, Real Madrid.

Klub yang sekarang ditangani oleh Ernesto Valverde sendiri tidak bisa dibilang netral dalam menyikapi permasalahan ini. Para Cules (julukan fans Barcelona) beberapa kali kedapatan memberikan dukungan agar wilayah di timur laut Spanyol itu dapat berdiri di kaki sendiri. Bahkan, tiga tahun lalu Barcelona diketahui bergabung dengan kumpulan partai politik dan organisasi masyarakat yang mendukung kemerdekaan Katalonia.

Walaupun lepasnya Katalonia tampak akan merugikan sepak bola Spanyol dan Barcelona sendiri, namun tetap ada kemungkinan klub pemenang 24 gelar La Liga itu untuk bertahan di kompetisi yang sudah mereka huni sejak 1928. Khususnya, jika berkaca pada AS Monaco yang bisa meramaikan Ligue 1 Perancis, walaupun bukan merupakan salah satu klub yang berasal dari wilayah lokal di negeri anggur.

Penulis : Gilang Fajar Septian

Editor : Christoforus Ristianto
Sumber : Bbc.com, Grup14.com
Foto : Grup14.com