Lewati Babak Perpanjangan, West Ham Singkirkan Liverpool

Share:

LONDON, ULTIMAGZ.com – West Ham United sukses menyingkirkan Liverpool pada laga replay putaran keempat FA Cup 2015/2016 di Boleyn Ground, Selasa (9/2). The Hammers meraih kemenangan 2-1 lewat gol Angelo Ogbonna pada penghujung paruh kedua babak perpanjangan.

Bermain imbang 0-0 di Anfield akhir Januari lalu, kedua tim terpaksa melakoni laga ulangan. Bagi kedua tim, kemenangan menjadi harga mati untuk lolos ke putaran kelima.

Pada laga ini, Liverpool lebih dahulu berpeluang untuk mencetak angka melalui Christian Benteke pada menit ke-8 dan 15. Sayangnya, keduanya tak berhasil dan digagalkan oleh kiper Darren Randolph. Semenit setelah peluang kedua Benteke, tuan rumah nyaris saja membuka keunggulan melalui kaki Mark Noble, andai saja tendangannya tidak menerpa tiang gawang Simon Mignolet.

Sebuah serangan balik sempat memberikan ancaman berbahaya bagi gawang The Reds. Namun, tendangan Dimitri Payet dan sundulan Michail Antonio secara berturut-turut berhasil diselamatkan Mignolet.

Gol akhirnya tercipta di penghujung babak pertama. Umpan silang Enner Valencia sukses dimanfaatkan dengan sempurna oleh Antonio dan menjebol gawang Mignolet. Skor 1-0 pun menutup babak pertama untuk keunggulan The Hammers. 

Babak kedua dimulai, tim tamu langsung melancarkan serangan untuk menyamakan kedudukan. Hasilnya, tendangan bebas Philippe Coutinho pada menit ke-48 berhasil menjadikan skor kembali sama kuat 1-1. Sepakan pemain asal Brasil itu melewati celah kaki “pagar hidup” para pemain West Ham.

Bermain saling menyerang hingga akhir babak kedua, tidak ada gol yang tercipta hingga berakhirnya waktu normal. Laga pun harus dilanjutkan dengan babak perpanjangan. Sayangnya, tak ada gol yang tercipta hingga menit ke-120 oleh kedua tim.

Ketika laga sepertinya akan ditentukan lewat adu penalti, secara heroik Ogbonna berhasil menjebol gawang Mignolet setelah menerima umpan tendangan bebas PayetSkor 2-1 menutup perpanjangan waktu sekaligus menyingkirkan Liverpool dari FA Cup.

Dengan hasil ini, anak asuh Slaven Bilic berhak lolos ke putaran kelima FA Cup 2015/2016 menghadapi Blackburn Rovers.

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: goal.com

Foto: Clive Rose/Getty Images