Lika-Liku Bursa Transfer Musim Panas 2021

Lika-Liku Bursa Transfer Musim Panas 2021 (Ultimagz)
Bursa transfer musim panas 2021 menjadi salah satu bursa transfer paling mengesankan sepanjang sejarah sepak bola (Foto: fokusjabar.id)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Bursa transfer musim panas 2021 menjadi salah satu bursa transfer paling mengesankan sepanjang sejarah sepak bola. Berbagai macam drama, reuni, dan kejutan terjadi di bursa transfer ini. Berikut merupakan beberapa transfer yang mewarnai musim panas 2021.

Pulang Kampung

Di bursa transfer musim panas 2021, tidak sedikit pemain yang memilih untuk bereuni dengan klub lamanya. Salah satu yang terbesar adalah kepulangan Cristiano Ronaldo ke Manchester United. Sempat digadang-gadang akan pergi ke rival sekota mereka, Manchester City, The Red Devils langsung bergerak cepat membajak kesepakatan agar dapat membawa striker asal Portugal tersebut kembali ke hadapan publik Old Trafford. Dilansir dari situs resmi Juventus,  juventus.com, Il Bianconero mengonfirmasi bahwa transfer Ronaldo telah disepakati dengan mahar 15 juta euro beserta tambahan 8 juta euro jika kondisi tertentu terpenuhi.

Selain Ronaldo, Romelu Lukaku juga memutuskan untuk kembali ke Liga Inggris dari Liga Italia. Dilansir dari theguardian.com, Chelsea rela memecahkan rekor transfer klub untuk memulangkan Lukaku dengan mahar transfer 115 juta euro. Musim lalu, Lukaku berhasil menjadi salah satu pemain penting Inter Milan yang berhasil menjuarai Liga Italia di bawah kepemimpinan Antonio Conte. Kedatangannya digadang-gadang menjadi pemecah kebuntuan The Blues di lini serang lantaran striker mereka, Timo Werner mengalami kesulitan di depan gawang musim lalu.

Tren Merantau

Selain banyak pemain “pulang kampung,” banyak juga pemain yang memutuskan untuk mengakhiri kebersamaan bersama klub mereka setelah bertahun-tahun mengabdi. Berita yang paling menggemparkan dunia adalah kepindahan Lionel Messi. Ketika kontrak penyerang asal Argentina di Barcelona tersebut habis, banyak orang yang mengira bahwa dia akan tetap ditawarkannya kontrak baru dan perkiraan mereka tidak salah. Setelah negosiasi intensif, pihak Blaugrana akhirnya menemukan kesepakatan dengan Messi untuk memperpanjang kontraknya walaupun menerima potongan gaji yang cukup signifikan, tetapi hal tersebut gagal menjadi kenyataan.

Kondisi finansial Barcelona memaksa harapan kontrak baru Messi pupus. Dilansir dari reuters.com, Presiden Klub asal Catalonia tersebut, Joan Laporta, mengatakan bahwa bahkan dengan potongan gaji pun Barcelona tidak akan mampu mendaftarkan Messi ke daftar skuad. Hal ini disebabkan oleh aturan batas gaji yang ditetapkan Asosiasi Sepak Bola Spanyol. Alhasil, Messi pun angkat kaki dari Spanyol dan pindah ke Prancis, di mana dia meneken kontrak dua tahun dengan opsi penambahan satu tahun bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Barcelona bukan satu-satunya klub Liga Spanyol yang kehilangan kaptennya secara gratis ke PSG di bursa transfer musim ini. Rival abadi mereka, Real Madrid, juga ditinggalkan oleh kapten mereka, Sergio Ramos, setelah kontraknya tidak diperpanjang. Dilansir dari theguardian.com, alasan Ramos tidak ingin memperpanjang kontraknya adalah karena manajemen Los Blancos hanya menawarkannya kontrak selama setahun sedangkan Ramos menginginkan dua tahun.

Akhirnya, Ramos memilih untuk pindah ke PSG yang mau menawarkannya kontrak berdurasi dua tahun. Merespon kepergian Ramos, El Real mendatangkan pemain bertahan asal Bayern Munchen, David Alaba. Pemain bertahan asal Austria tersebut telah mengabdi bersama klub Jerman tersebut sejak tahun 2008. Dilansir dari goal.com, Alaba memutuskan untuk meninggalkan Bayern karena ingin keluar dari zona nyaman dan mencari tantangan baru.

Terpaksa Tinggal di Rumah

Bursa transfer musim panas kali ini juga diramaikan oleh rumor yang tidak kunjung terjadi, salah satunya terkait Kylian Mbappe. Penggawa PSG tersebut digadang-gadang akan pindah ke tim Ibukota Spanyol, Real Madrid. Dilansir dari skysports.com, pihak Real Madrid bahkan rela membayar 180 juta euro walaupun kontrak Mbappe akan habis di akhir musim. Namun, sialnya bagi Los Galacticos, pihak PSG enggan menjual Mbappe dan tetap mempertahankan jasanya setidaknya hingga akhir musim ini.

Bukan hanya Mbappe yang menjadi pemain yang “terpaksa untuk tinggal di rumah,” Harry Kane juga senasib. Kapten timnas Inggris tersebut dirumorkan ingin pindah ke Manchester City. The Citizens yang baru saja kehilangan striker andalan mereka, Sergio Aguero yang pindah ke Barcelona secara gratis setelah kontraknya habis.

Kane dianggap sebagai pengganti yang sepadan untuk legenda City tersebut, tetapi urusan transfer pemain dengan Tottenham tidak pernah mudah. Dilansir express.co.uk, Ketua Dewan Klub Tottenham Hotspur, Daniel Levy rela menolak mahar transfer 150 juta poundsterling yang ditawarkan City agar Kane dapat tetap berada di klub. Usaha Levy akhirnya membuahkan hasil ketika Kane mengonfirmasi melalui media sosial bahwa dia akan bertahan bersama Spurs musim ini. Begitu bursa transfer ditutup, City pun kehilangan kesempatan mereka untuk mendatangkan striker baru.

 

Lika-Liku Bursa Transfer Musim Panas 2021 (Ultimagz)

Penulis: Louis Brighton Putramarvino

Editor: Charlenne Kayla Roeslie

Foto: fokusjabar.id

Sumber: juventus.com, theguardian.com, reuters.com, goal.com, express.co.uk