Liverpool Hentikan Langkah Bayern di Liga Champion

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp usai pertandingan Liverpool melawan Bayern Muenchen di Allianz Arena, Muenchen, Kamis (14/03/19). (Foto: Reuters)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Liverpool berhasil menghentikan langkah Bayern Muenchen di Liga Champion saat bertandang ke Allianz Arena, Muenchen, pada leg kedua babak 16 besar, Kamis (14/03/19). Tim asal Inggris tersebut mengalahkan Bayern dengan skor akhir 3-1. Sadio Mane dan Virgil Van Dijk menjadi penentu kemenangan Liverpool pada pertandingan ini.

Hasil imbang pada pertandingan leg pertama menyebabkan kedua tim memiliki peluang lolos saat berjumpa di markas Bayern. Hanya saja, hal ini menguntungkan Liverpool untuk berpeluang lolos dengan keunggulan gol tandang. Namun, kedua tim masih dapat beradu sengit mengingat tren kemenangan mereka di masing-masing liga domestik kedua tim.

Intensitas tinggi sudah dibangun sejak menit-menit awal pertandingan. Kedua tim bergantian saling memberi serangan. Sesekali Bayern menguasai bola untuk merepotkan pertahanan The Reds. Pertahanan solid harus dibayar mahal dengan kapten Liverpool Henderson yang digantikan oleh Fabinho karena cedera pada pergelangan kaki.

Bayern yang terus memberi serangan harus dikejutkan dengan serangan balik yang dibangun oleh Liverpool. Pada menit ke-26, Van Dijk memberi umpan jauh dari tengah lapangan kepada Mane yang berada di area kotak pinalti. Sedikit mengecoh kiper Bayern Manuel Neuer, Mane mencungkil bola ke gawang yang kosong. Liverpool unggul 1-0.

Tertinggal satu gol tak menyebabkan tim asuhan Niko Kovac terus mengatur penyerangan. Beberapa peluang didapatkan Bayern untuk mengejar ketertinggalan. Penguasaan bola yang didapat Bayern berbuah manis pada menit ke-39. Berawal dari umpan silang Serge Gnabry dari sisi kanan gawang hingga salah antisipasi dari Joel Matipyang mengawal Robert Lewandowskiyang menyebabkan gol bunuh diri. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, kedua tim masih bergantian memberi serangan. Pertahanan ketat Liverpool menyebabkan peluang-peluang The Bavarian masih gagal dikonversikan menjadi sebuah gol. Kedua tim mulai melakukan banyak pergantian pemain sebagai upaya untuk menambah energi penyerangan.

Pada menit ke-69, tim asuhan Jurgen Klopp berhasil menambah keunggulan. Bayern gagal mengantisipasi tendangan pojok James Milner yang diteruskan dengan sundulan Van Dijk. Bayern tertinggal 2-1.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Manuel Neuer dipaksa kembali mengambil bola dari gawang enam menit jelang pertandingan berakhir. Mane mencetak brace untuk menambah keunggulan tim yang telah mmperoleh lima trofi Liga Champion tersebut. Bayern dipaksa memupus harapan untuk merebut gelar Liga Champion dengan skor akhir 3-1.

Liverpool mendapat tiket perempat final menyusul tiga perwakilan Inggris lainnya yang juga lolos ke babak delapan besar. Ini menjadi pertama kalinya Inggris menempatkan empat perwakilan di babak delapan besar sejak satu dekade silam.

 

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Reuters