Dikenai Pelanggaran, The Citizens Merugi

citizens
Pep Guardiola (kanan) dengan Ilkay Guendogan (kiri) selepas pertandingan melawan Tottenham Hotspurs di Etihad Stadium dalam leg 2 babak 8 besar Liga Champions. (Foto: manchestereveningnews.co.uk)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Musim ini menjadi musim pertandingan yang buruk bagi Manchester City. Selain tertinggal sejauh 25 poin dari Liverpool di puncak klasemen, The Citizens harus menanggung hukuman dari UEFA akibat melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

The Citizens dianggap menggelembungkan dana sponsor dari Etihad melalui rekening pribadi pemilik City Sheikh Mansour. City dikenai pelanggaran atas Financial Fair Play (FFP) oleh UEFA melalui Badan Kontrol Keuangan Klub UEFA (CFCB).

“Badan Ajudikasi setelah mempertimbangkan semua bukti, menemukan bahwa Manchester City Football Club melakukan pelanggaran serius terhadap peraturan Lisensi Klub UEFA dan Financial Fair Play,” tulis UEFA di situs resmi mereka, dilansir dari detik.com

“Mereka menggelembungkan pendapatan sponsor dalam laporan keuangan pada rentang 2012 hingga 2016 yang diserahkan ke UEFA,” lanjut UEFA. 

Atas hukuman tersebut, City dikenai hukuman yakni larangan bertanding di kompetisi antarklub di Eropa, seperti Liga Champions dan Liga Eropa selama dua musim ke depan dan juga membayar denda sebesar 30 juta euro.  The Citizens, melalui Khaldoon Al Mubarak selaku CEO dari klub tersebut memutuskan mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dan menyewa sebanyak 50 pengacara untuk memenangkan City di kasus ini.

Selain mendapatkan hukuman dari UEFA, Manchester biru juga terancam mendapatkan hukuman lanjutan dari FA selaku induk organisasi sepakbola di Inggris. City terancam pengurangan poin pada musim 2013-2014 lalu sehingga gelar juara pada tahun tersebut dicopot, hingga dilemparkan ke divisi keempat liga Inggris. Hukuman tersebut akan berlaku bila banding yang diajukan oleh klub asuhan Pep Guardiola ditolak oleh CAS.

Imbasnya, City dipastikan akan merugi secara finansial. Menurut Forbes, The Citizens dapat merugi hingga 295 Juta USD atau sekitar 4 triliun rupiah. Selain finansial, City juga terancam cuci gudang karena kasus ini. City dapat kehilangan bintang-bintang besar mereka, seperti Kevin de Bruyne, Bernardo Silva, Sergio Aguero, hingga manajer yang membawa mereka juara Premier League 2 tahun beruntun, Pep Guardiola.

 

Penulis: Frengky Tanto Wijaya

Editor: Xena Olivia

Foto: manchestereveningnews.co.uk

Sumber : detik.com, bola.net, beinsport.com