Penuh Drama, Revierderby Berakhir Imbang

Pemain belakang Schalke 04, Naldo, merayakan gol penutup Revierderby dalam lanjutan Bundesliga, Sabtu (25/11/17).
Share:

DORTMUND, ULTIMAGZ.com – Bermain dihadapan para pendukungnya sendiri, Borussia Dortmund yang menjamu Schalke 04 di Signal Iduna Park, Sabtu (25/11/17), harus menahan malu setelah Schalke berhasil mengejar defisit 4 gol pada babak kedua dalam laga bertajuk Revierderby.

Sejak menit pertama, “Die Borussen” langsung berinisiatif melakukan serangan ke kotak penalti Schalke. Hasilnya, pada menit ke-12, sepakan jarak dekat Pieere-Emerick Aubameyang berhasil memecah kebuntuan dan mengubah skor menjadi 1-0.

Berselang dua menit kemudian. Aubameyang kembali mengancam gawang Schalke yang dikawal Ralf Fahrmann. Untung saja, sepakan striker Gabon tersebut tidak tepat sasaran.

Memasuki menit ke-14, tensi tinggi mulai terasa pada laga Revierderby ini. Sokratis Papastathopoulos yang dilanggar oleh Daniel Caligiuri, langsung melakukan konfrotasi terhadap pemain berkebangsaan Italia tersebut. Beruntung, sang pengadil lapangan langsung bertindak cepat mengatasi hal itu.

Empat menit berselang, malapetaka datang menghampiri “The Royal Blues”. Kesalahan Benjamin Stambouli saat menghalau tendangan bebas Nuri sahin, membuat Dortmund berhasil menggandakan kedudukan mereka.

Belum selesai euforia para pendukung Dortmund dari gol kedua, Aubameyang dan kawan-kawan kembali merubah papan skor menjadi 3-0. Kali ini giliran Mario Gotze yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari serangan balik, Aubameyang menusuk di sisi kanan dan langsung memberikan umpan yang berhasil disambar oleh Gotze dengan kepalanya.

Walaupun sudah berada di atas angin, namun anak asuh Peter Bosz terus melancarkan serangan demi serangan ke lini belakang Schalke. Pada akhirnya, di menit ke-25, Raphael Guerreiro berhasil merubah kembali papan skor menjadi 4-0. Tendangan voli bek asal Portugal ini tidak mampu diantisipasi oleh Farhmann. Hingga akhir babak pertama, tidak ada gol lagi yang tercipta.

Memasuki babak kedua, anak asuh Domenico Tedesco perlahan-lahan mulai menemukan ritme permainannya. Pada menit ke-49, Leon Goretzka berhasil mengancam gawang Dortmund melalui sundulannya. Sayang, sundulannya masih melebar jauh di atas gawang Roman Weidenfeller.

Schalke sebenarnya berhasil merubah papan skor menjadi 4-1 melalui Naldo di menit ke-54. Akan tetapi, wasit menganulir gol tersebut setelah staff VAR (Video Assistant Referee) memberi tahu bahwa Naldo sudah berada dalam posisi offside.

Memasuki menit ke-60, drama pun dimulai. The Royal Blues akhirnya berhasil merubah papan skor menjadi 4-1. Sundulan dari Guido Burgstaller berhasil membuat Weidenfeller tidak berkutik.

Berselang lima menit, kini giliran Amine Harit yang berhasil mencatatkan namanya pada papan skor. Perlahan-lahan, Schalke mulai mengejar defisit menjadi dua gol dan bermain lebih garang.

Alih-alih ingin bertahan, penyerang andalan Dortmund, Aubameyang, justru harus diusir dari lapangan di menit ke-72.  Tekel keras yang dilakukan mantan pemain AC Milan ini kepada Harit berbuah kartu kuning. Aubameyang yang sebelumnya sudah mendapatkan kartu kuning harus mengakhiri jalannya pertandingan lebih cepat.

Revierderby terus berlanjut. Memasuki menit ke-80, giliran Schalke yang harus bermain dengan 10 orang. Harit yang mencetak gol kedua bagi The Royal Blues harus ditandu keluar lapangan akibat mengalami cidera. Sial bagi Schalke, tim asuhan Domenico Tedesco ini sudah tidak memiliki kesempatan pergantian pemain lagi, mereka pun terpaksa bermain dengan 10 orang.

Untung saja, hal tersebut tidak mengendurkan semangat para pemain Schalke. Hasilnya, pada menit ke-86, Caligiuri berhasil memperkecil skor menjadi 4-3. Sepakan kaki kirinya tidak mampu diantisipasi oleh Weidenfeller.

Memasuki injury time, drama Revierderby mencapai klimaksnya. Naldo, yang sebelumnya gagal mencetak gol akibat VAR, kini menjadi pahlawan bagi Schalke. Sundulannya pada menit ke-94 membuat derby ini harus berakhir imbang, sekaligus membuyarkan kemenangan Dortmund.

Hasil ini membuat rekor buruk Dortmund terus berlanjut yang hanya berhasil meraih satu kali kemenangan dalam lima pertandingan terakhirnya diseluruh kompetisi. Tak ayal, posisi Peter Bosz mulai kian terancam.

Adapaun bagi Schalke hasil tersebut membuat mereka kehilangan posisi kedua klasemen sementara Bundesliga. Mereka harus turun satu peringkat setelah saingan terdekatnya RB Leipzig behasil menundukkan Werder Bremen.

Penulis : Ridi F Khan

Editor : Christoforus Ristianto

Foto : Twitter @Bundesliga_EN