PSG Perkecil Peluang United di Champions League

Kimpembe mencetak gol pertama untuk PSG ketika berjumpa di babak 16 besar melawan Manchester United (Foto: Reuters)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Paris-Saint Germain (PSG) berhasil memperkecil peluang Manchester United untuk lolos ke babak selanjutnya di Champions League. Sebab, PSG mengalahkan United pada pertandingan babak 16 besar di Stadion Old Trafford, Rabu (13/02/19). Kimpembe dan Kylian Mbappe menjadi pencetak gol dalam pertandingan ini.

Dalam laga ini, United tampil lebih percaya diri dengan catatan bagus, yakni belum pernah kalah dalam 5 pertandingan terakhir. Solskjaer memainkan skema permainan 4-3-3 dengan memasang Marcus Rashford, Jesse Lingard, dan Anthony Martial di lini depan. Di kubu PSG, Les Parisien sedang tidak dalam performa terbaik karena beberapa pemain kunci tak bisa diturunkan, seperti Edinson Cavani dan Neymar yang sedang mengalami cedera. Tuchel memakai skema 3-4-2-1 dengan Kylan Mbappe sebagai ujung tombak.

Sejak menit pertama, kedua tim saling memberi penyerang. Tempo permainan pun terasa cepat. Tak jarang kontak fisik terjadi antara pemain United dan PSG. Tercatat ada 5 kartu kuning yang dikeluarkan oleh wasit pada babak pertama.

United mendapat peluang emas pertama pada menit ke-17. Paul Pogba membawa bola dari tepi gawang dan langsung menembaknya. Sayangnya, Buffon mampu menepis bola tersebut sehingga keluar. Pada menit ke-29, giliran PSG mendapat peluang gol namun sayang Mbappe dalam posisi off-side.

Kontak fisik kembali terjadi pada menit ke-40. Ashley Young dan Di Maria terlibat perebutan bola. Dalam perebutan itu, Di Maria terdorong oleh Young hingga menabrak pagar tepi lapangan. Pertandingan sempat terhenti sebentar karena Di Maria nampaknya mengalami cedera. Wasit menilai hal tersebut bukan sebuah pelanggaran dan pertandingan pun dilanjutkan.

Menjelang turun minum, Solksjaer memasukkan Alexis Sanchez untuk menggantikan Lingard yang cedera. Hal ini dilakukan juga untuk menambah daya gedor dari United. Sayangnya, hingga turun minum kedudukan belum berubah masih dengan skor 0-0

Memasuki babak kedua, PSG tampak lebih dominan menyerang. Beberapa kali pemain red devil dipaksa mundur untuk bertahan dari serangan lini depan PSG.

Peluang kembali didapatkan ketika PSG memperoleh tendangan pojok pada menit ke-53. Di Maria mengarahkan bola ke kotak pinalti dan disambut oleh Kimpembe. David De Gea tak dapat menyelamatkan bola dan berakhir gol. PSG sementara unggul 1-0.

Selang 7 menit, tim asal kota Paris ini kembali mendapat peluang emas. Di Maria yang terbebas dari posisi off-side membawa bola hingga memasuki kotak penalti sebelum diumpan ke Mbappe dan menghasilkan gol. PSG kembali unggul dengan skor 2-0.

Menjelang pertandingan berakhir, United terpaksa harus bermain dengan 10 orang. Paul Pogba diusir oleh wasit setelah mendapatkan kartu kuning keduanya pada pertandingan ini. Hingga wasit meniup peluit panjang, skor tak berubah dengan PSG menang 2-0.

Kemenangan PSG ini cukup membuat United kerja berat pada leg kedua yang akan diselenggarakan pada 7 Maret mendatang dan PSG bergantian menjadi tuan rumah. United setidaknya harus unggul 3 gol saat pertandingan tersebut.

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: Reuters