[Season Review] Bayern Muenchen: Pelatih Baru, Rekor Baru

Share:

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa Bayern Munich sudah menjadi tim unggulan di Liga Jerman atau biasa disebut Bundesliga. Dalam dua tahun terakhir, tim asal Munich ini berhasil menguasai Jerman dan Eropa. Dengan mengesampingkan performa mereka di Liga Champions musim ini, kita tetap dibuat kagum dengan dominasi mereka di liga lokalnya musim 2013/2014.

Sejak dibukanya Bundesliga pada tahun 1963, The Bavarian telah mengoleksi 24 titel juara. Musim ini tidak jauh berbeda dengan musim lalu.  Sejak diarsiteki Pep Guardiola, Lahm cs berhasil menyabet piala pada pekan ke-27. Hasil tersebut langsung memecahkan rekor yang dibuat di masa Jupp Heynckes di musim sebelumnya. Mereka mengakhiri musim dengan mengoleksi 90 poin.

Dengan skuad yang mempuni, FC Hollywood berhasil mempertahankan dominasinya dari pesaing terdekat, Borussia Dortmund. Di awal musim Pep tidak banyak membeli pemain, hanya dua pemain muda yang diboyong, yakni Gotze dari Dortmund, lalu mantan anak asuhnya, Thiago Alcantara, serta Jan Kirchhoff dari Mainz. Munich hanya perlu tiga pemain baru untuk tetap menunjukkan taji mereka, buktinya mereka sempat tak terkalahkan sampai mereka merebut titel dengan waktu tercepat sepanjang sejarah Bundesliga tersebut.

Bersama dengan tim warisan Don Jup, tiga pendatang baru, dan deretan pemain lainnya membuat mereka tak terkejar meskipun sempat menelan kekalahan. Dortmund yang memiliki selisih poin terdekat pun tidak bisa berbuat apa-apa. Bukan hanya di Bundesliga, DFB Pokal pun menjadi milik Munich setelah kembali memupus harapan anak asuh Jurgen Kloop.

Striker andalan Munich asal Kroasia, Mandzukic berhasil mencetak 18 gol yang menempatkannya diposisi dua dibelakang mantan striker Dortmund, Lewandowski. Sepertinya performa apik akan terus dipertontonkan tim dengan koleksi titel Bundesliga terbanyak ini musim depan. Terlebih setelah penyerang Dortmund, Lewandowski mereka bajak untuk musim Bundesliga 2014/2015.

[divider] [/divider] [box title=”Info”]Reporter: Erwanto Khusuma

Editor: Patric Batubara

Foto: Klik di Sini[/box]