Serie A Resmi Dihentikan Akibat Penyebaran Virus Corona

(Foto: bola.com)
Share:
 

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan pertandingan sepak bola Serie A  resmi dihentikan. Hal ini sebagai upaya menahan menyebarnya wabah virus corona.

Dikutip dari kompas.com Conte mengatakan, “saya akan menandatangani dekrit baru. Tidak ada lagi zona merah, hanya ada Italia yang dilindungi.” Pengumuman tersebut disampaikan dalam sebuah keterangan pers pada Senin (09/03/20). Ia pun mengungkapkan semua turnamen olahraga akan ditangguhkan.

Sebelumnya, Serie A sempat dilanjutkan dengan permainan tanpa penonton. Namun, aturan yang terbaru ini membuat pertandingan mustahil dilanjutkan.

Conte juga mengatakan bahwa statistik menunjukkan bahwa ada peningkatan jumlah penyebaran. Oleh karena itu, perlu adanya pengorbanan demi seluruh Italia. Perhentian ini diperkirakan akan bertahan sampai 3 April, sesuai dengan ketetapan pemerintah. Sebelumnya, pembatasan berkumpul ramai-ramai serta pergerakan hanya diberlakukan di bagian utara negeri Menara Pisa. Kini, seluruh negeri memberlakukan aturan yang sama.

Meskipun demikian, klub-klub Italia masih diperbolehkan untuk bertanding di kejuaraan Eropa seperti Liga Eropa. Namun, tetap akan dilaksanakan tanpa penonton.

Italia kini dalam keadaan lockdown karena wabah virus corona. Menurut Football Italia, telah ada 9,172 korban. Bahkan, 463 orang di antaranya meninggal dunia. Di negara tersebut, virus yang berasal dari Wuhan ini dianggap lebih berbahaya. Hal ini dikarenakan virus yang menyebar adalah tipe L, tetapi yang mewabah di Italia sekarang adalah tipe S.

Penulis: Nadia Indrawinata

Editor: Agatha Lintang

Foto: bola.com

Sumber: sport.detik.com, kompas.com, bola.com