Tiga Nama Kandidat Pelatih Baru Timnas Indonesia

Simon McMenemy yang dipecat oleh PSSI, rabu (06/11/19). (Foto: sindonews.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Kursi pelatih tim nasional (timnas) sepakbola senior Indonesia kembali kosong setelah PSSI memecat pelatih Simon McMenemy, Rabu (06/11/19). McMenemy dipecat menyusul hasil negatif yang didapatkan timnas senior dalam kualifikasi piala dunia 2022. Laga terakhir timnas bersama McMenemy akan terjadi pada laga kualifikasi piala dunia 2022 melawan Malaysia pada selasa (19/11/19). 

PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia mulai menyeleksi pelatih yang pantas mengisi kursi pelatih. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria mengaku membutuhkan pelatih yang memiliki pengalaman di kancah internasional. Hal ini dikarenakan pelatih timnas nanti bisa membantu persiapan timnas U-20 dalam ajang piala dunia U-20 2021.

“Pelatih memang untuk timnas senior, tapi dia akan membantu untuk persiapan Piala Dunia U-20. Jadi tidak boleh tanggung, kami ingin memilih pelatih yang berpengalaman di level Piala Dunia,” ujar Ratu Tisha dikutip dari Antara.

Beberapa nama kandidat pelatih timnas Indonesia telah bermunculan. PSSI dinilai sudah mulai menyeleksi nama-nama yang bermunculan di kalangan masyarakat. Harapannya, timnas Indonesia sudah memiliki pelatih baru di akhir 2019. Berikut tiga nama kandidat kuat pelatih timnas beserta sepak terjang masing-masing calon.

  1. Shin Tae-yongNama Shin Tae-yong dinilai menjadi calon kuat untuk melatih Stefano Lilipaly cs menggatikan McMenemy. Ia merupakan mantan pelatih Korea Selatan sekaligus pemain legenda asal negeri gingseng tersebut. Kehadiran Shin Tae-yong dinilai akan menambah daya impresif timnas agar lebih tangguh dari timnas Vietnam yang juga memiliki pelatih asal Korsel.Dalam dunia kepelatihan, karier Shin Tae-yong dinilai cukup cemerlang. Di level klub, ia mempunyai prestasi membawa Seongnam Ilhwa Chunma meraih juara Liga Champion Asia 2010 dan Piala FA Korea 2011. Sedangkan di level internasional, ia pernah mendampingi skuad Taeguk Warriors di Piala Dunia 2018 dalam periode kepelatihannya di timnas Korsel pada 2017-2018.

    Di ajang piala dunia sendiri, Shin Tae-yong memang belum cukup mampu untuk membawa timnas korsel lolos ke babak 16 besar. Hanya saja, prestasi korsel yang cukup mencolok ketika ajang empat tahunan tersebut kala berhasil mengalahkan juara bertahan Jerman dengan skor 2-0. Prestasi ini dinilai bisa diterapkan Shin Tae-yong jika mengisi kursi pelatih timnas Indonesia.

  2. Luis MillaLuis Milla juga sudah tak asing lagi di kalangan pecinta sepakbola tanah air. Ia pernah menukangi timnas Indonesia U-22. Saat itu, ia mempersembahkan medali perunggu saat Sea Games 2017.Pengalaman internasional Luis Milla memang tak sekaliber Shin Tae-yong. Namun, ia juga sempat melatih timnas U-19 Spanyol. Bersama timnas matador ini, ia berhasi membawa menjadi runner up Piala Eropa U-19 pada tahun 2010. Setelahnya, ia juga membawa timnas U-21 Spanyol menjuarai Piala Eropa U-21.

    Dalam karier kepelatihannya, Milla memiliki catatan yang cukup menarik. Ia tercatat telah memenangkan 51 pertandingan dari 106 pertandingan yang pernah dilewati. Pria asal Spanyol ini hanya mengalami 27 hasil seri dan 28 kekalahan. Kemampuan Milla dinilai penting bagi timnas Indonesia untuk mengejar targetnya berpentas di kancah internasional.

  3. Rahmad DarmawanRahmad Darmawan atau yang sering dikenal RD memang belum memiliki pengalaman di kancah internasional. Hanya saja, RD dirasa mampu menjadi alternatif ketika PSSI kesulitan mendapatkan pelatih asing. Karier kepelatihan RD di Indonesia sudah tak diragukan lagi. Ia termasuk pelatih terbaik di Indonesia dengan mengantongi lisensi AFC Pro. Bersama timnas U-23, RD telah mempersembahkan medali perak Sea Games 2011 dan 2013.

    Saat ini, RD sedang menjadi pelatih Tira Persikabo. Ia berhasil membawa tim ini di papan atas klasemen Liga 1 Indonesia. Oleh karena itu, RD bisa saja menjadi pelatih kepala timnas senior Indonesia jika mengantongi izin dari Tira Persikabo. 

 

 

 

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Ivan Jonathan

Sumber: Detik.com, cnnindonesia.com,bolalob.com, okezone.com, bola.com, tempo.co

Foto: Sindonews.com