Tottenham dan Arsenal Harus Rela Berbagi Angka

Selebrasi pemain Arsenal setelah Aaron Ramsey mencetak gol pada Derbi London Utara (Foto: Reuters)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Tottenham harus rela berbagi angka saat menjamu Arsenal pada  lanjutan premier league minggu ke-29 di Wembley Stadium, sabtu (02/03/19). Aaron Ramsey dan Hary Kane menjadi pahlawan bagi timnya masing-masing setelah mencetak gol pada derbi london utara yang berakhir dengan skor 1-1. Hasil imbang ini menambah tren negatif Tottenham yang tak pernah menang pada pertandingan sebelumnya yang kalah ketika berhadapan dengan Chelsea dan Burnley.

Tottenham memulai pertandingan dengan formasi 4-3-3 dengan mengandalkan trio Son-Erikseen-Kane sebagai penyerang. The Lilywhites juga harus kehilangan dua pemain kuncinya yang sedang cedera yaitu Delle Ali dan Eric Dier.

Berbeda dengan Tottenham, Arsenal memilih formasi bertahan dengan hanya memasang Alexandre Lacazette sebagai ujung tombak dan tidak ada satupun pemain yang harus absen karena cedera.

Mengawali pertandingan, tim asuhan Unai Emery bermain lebih agresif. Pada menit keempat, Lacazette mendapat peluang hanya saja berhasil dihalau oleh dua pemain belakang dari Tottenham. Peluang kembali didapatkan oleh Arsenal pada menit keenam namun Mkhitaryan masih belum bisa mendapat celah.

Hary Kane dkk mulai mencoba membangun serangan pada menit ke-14. Melalui Eriksen, Tottenham mulai masuk ke pertahanan Arsenal. Kemelut sempat terjadi ketika Kane terlibat perebutan bola di pertahanan The Gunners dan kalah dalam perebutan itu. Alhasil, serangan balik terjadi bagi Arsenal. Lacazette memberi umpan pada Ramsey yang berada pada posisi kosong sehingga dengan mudahnya mencetak gol setelah berhadapan satu lawan satu dengan Hugo Lloris, Arsenal unggul sementara 1-0.

Tim asuhan Mauricio Pochettino hampir saja menyamakan kedudukan pada menit ke-22. Kieran Trippier memberi umpan lambung ke kotak penalti yang berhasil disundul oleh Kane dan masuk ke gawang. Sayangnya, Kane terlebih dahulu dalam posisi off-side sehingga gol tersebut dianulir. Hingga akhir babak pertama, skor bertahan 1-0.

Selepas turun minum, Arsenal melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Lucas Torreira untuk menggantikan Matteo Guendouzi. Mereka juga menurunkan tempo permainan pada awal babak kedua. Pada babak ini, Tottenham lebih mendominasi permainan.

Peluang-peluang banyak didapatkan Tottenham pada babak kedua namun tak satupun membuahkan gol. Mereka baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-73. Kane terlihat dilanggar oleh Mustafi yang menyebabkan wasit menunjuk kotak putih. Sebagai eksekutor, Kane berhasil menunaikan tugasnya dengan baik. Skor berubah imbang 1-1.

Hadiah pinalti juga didapatkan Arsenal  pada menit ke-89. Davinson Sanchez tampak melanggar Aubameyang hingga terjatuh di kotal pinalti. Sayangnya, Aubameyang gagal mengeksekusi bola dari titik putih. Lloris berhasil menghalau bola yang mengarah ke sisi kiri gawang. Hingga akhir pertandingan, kedua tim hanya berbagi skor 1-1.

Hasil ini semakin memperkecil peluang Tottenham untuk merebut titel pada premier league musim ini. Tim tuan rumah masih terpaut delapan poin dari Liverpool di posisi kedua klasemen. 

Sedangkan Arsenal kini berjarak satu poin dengan Manchester United di peringkat empat yang baru saja unggul 2-1 atas Southampton FC, Sabtu (02/03/19).

 

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Ivan Jonathan

Foto: reuters.com