Mercedez-Benz S600 Guard, Mobil Dinas Baru Jokowi yang Tawarkan Banyak Keunggulan

Mercedez-Benz S-600 Guard, pengganti mobil dinas pemerintah sebelumnya, yaitu Mercedez-Benz S-600 Pullman Guard. (Foto: sakura34.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Kementerian Sekretaris Negara mengesahkan keputusan pengadaan mobil dinas baru kepresidenan. Mobil terbaru yang dipilih adalah model teranyar Mercedez-Benz seri S600 Guard. Sebagai mobil non-militer, mobil ini memiliki banyak keunggulan yang dirasa tepat untuk menunjang dinas presiden dan wakil presiden.

Mercedez-Benz S600 Guard adalah mobil berjenis limosin dengan mesin 12 Silinder dan lapisan pelat baja pada bodinya. Lapisan ini mampu menahan senapan standar, granat tangan, dan bahan peledak ringan. Mercedez-Benz S600 Guard ditanamkan mesin bensin 5.500cc DOHC Direct Injection yang dapat memberikan tenaga maksimal 530bhp per 4900-5300rpm serta torsi maksimal 830Nm per 1900-4000rpm.

Mobil ini memiliki lapisan tertentu pada kaca yang dapat menciptakan perlindungan terhadap berbagai ancaman, mulai dari peluru, bom, dan kondisi darurat lainnya. Selain itu, mobil ini menggunakan ban jenis Run Flat Michelin PAX 245-700 R470 yang bisa berjalan saat kondisi kempis.

Ada pula fitur keselamatan berupa brake assist plus dan rem pre-safe yang dikolaborasikan dengan DISTRONIC PLUS. Fitur ini digabungkan dengan sebuah LED Intelligent Light System, Adaptive High Beam Assist Plus, Exhaust System With Two Chrome-Plated Twin Tailpipes, dan Multi-Twin Spoke Light Alloy Wheel, seperti dikabarkan gooto.com.

Dengan keunggulannya tersebut, Mercedez-Benz S600 Guard telah mendapat sertifikat VR10, yaitu sertifikasi yang diberikan bagi kendaraan non-militer dengan tingkat perlindungan yang tinggi. Tak ayal, mobil yang diproduksi di Jerman ini menjadi mobil yang sering digunakan sebagai kendaraan mobil dinas petinggi negara dan perusahaan.

Perihal harga mobil tersebut, Deputy Marketing Communication Mercedez-Benz Indonesia (MBI) Hari Arifianto mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat membocorkan soal harga mobil tersebut.

“Untuk harga kita tidak bisa sebutkan. Ini ranahnya prinsipal serta hubungan kenegaraan. Tapi memang yang jelas dengan spesifikasi khusus maka biayanya tidak bisa disamakan dengan yang (S600) reguler,” ujar Hari kepada kompas.com, Minggu (26/08/19).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, dua mobil baru tersebut akan datang pada akhir tahun. “Berdasarkan informasi yang saya terima, sudah dilakukan prosesnya dan mungkin akhir tahun kendaraan itu sudah dapat diterima,” katanya di Jakarta, Jumat (23/08/19).

Saat ini, pemerintah masih menggunakan mobil Mercedez-Benz S600 Pullman Guard yang merupakan peninggalan dari masa mantan Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Mobil tersebut kini sudah berusia lebih dari 10 tahun. Terdapat delapan unit kendaraan yang dibagi dua oleh presiden dan wakil presiden.

Penulis: Azhar Dwi Arinata

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: sakura34.com

Sumber: gridoto.com, kompas.com, tempo.co, gooto.com