Keberagaman Ramaikan Grammy Awards 2019

Ricky Martin, Camila Cabello, dan J. Barvin menampilkan lagu-lagu Latin pop sebagai pembuka Grammy Awards 2019. Cabello juga menerima dua nominasi berupa "Best Pop Performance" dan "Best Pop Vocal Album" pada acara musik bergengsi itu, Senin (11/02/19). (Sumber foto: etonlne.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Perhelatan Grammy Awards ke-61 resmi dimulai pada Senin (11/02/19). Dipandu oleh Alicia Keys sebagai pembawa acara, ajang musik bergengsi ini diselenggarakan di Staples Center, Los Angeles, AS.

Kali ini, ajang musik yang telah berlangsung sejak 1959 ini didominasi oleh penampilan dari para musisi yang beragam. Dimulai dengan penampilan pembuka oleh Camila Cabello, Ricky Martin, J. Bavier, Young Thug, dan Arturo Sandoval yang menyuguhkan musik Latin pop berupa Havana, Pégate, dan Mi Gente.

Selain itu, terdapat penghormatan kepada Motown Records, selaku label musik yang sebagian besar terdiri dari musisi berkulit hitam, yang dibawakan oleh Jennifer Lopez, Smokey Robinson, dan Ne-Yo. Mereka menyanyikan medley lagu yang pernah dirilis melalui label tersebut, tepatnya pada 1950-an hingga 1980-an. Adapun musisi lain yang juga turut diberi penghormatan adalah Diana Ross dan mendiang Aretha Franklin.

Keberagaman pun kembali ditunjukan ketika boyband asal Korea Selatan BTS berdiri di atas panggung untuk mempersembahkan penghargaan bagi kategori Best R&B Album, yang dimenangkan oleh H.E.R. Meski hanya hadir sebagai pemberi penghargaan, mereka tetap disambut secara antusias, baik oleh para musisi, penyelenggara, dan penggemar.

Keys kembali ke atas panggung bersama empat publik figur lainnya, yakni musisi Jennifer Lopez dan Lady Gaga, aktris Jada Pinket-Smith, dan mantan Ibu Negara serta istri dari mantan Presiden AS Barrack Obama, Michelle Obama. Kelima wanita tersebut kemudian memberikan sedikit pidato tentang bagaimana musik merubah hidup mereka masing-masing.

“Baik country atau rap atau rock, musik telah membantu kita untuk berbagi diri kita kehormatan dan kesedihan kita, harapan dan kebahagiaan kita. Musik memungkinkan kita untuk mendengarkan dan mengundang satu sama lain,” tutur Obama.

Grammy Awards 2019 juga menjadi ajang bagi beberapa musisi yang tampil atau menang untuk pertama kalinya, seperti penyanyi asal Inggris Dua Lipa yang berhasil meraih penghargaan untuk kategori Best New Artist, Cardi B untuk kategori Best Rap Album, dan H.E.R. untuk Best R&B Album, serta Brandi Carlile yang menjadi salah satu penyanyi yang tampil secara perdana di sana dengan lagunya yang bertajuk The Joke.

Adapun beberapa pemenang yang diumumkan selama acara berlangsung adalah sebagai berikut:

Best Duo/Group PerformanceShallow (Lady Gaga dan Bradley Cooper)

Best Country AlbumGolden Hour (Kacey Musgraves)

Best R&B AlbumH.E.R. (H.E.R.)

Best Rap AlbumInvasion of Privacy (Cardi B)

Best Rap SongGod’s Plan (Drake)

Song of the YearThis is America (Childish Gambino)

Album of the YearGolden Hour (Kacey Musgraves)

Record of the YearThis is America (Childish Gambino)

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Hilel Hodawya

Foto: etonline.com

Sumber: grammy.com