Pelecehan Seksual Terjadi Saat Konser, Vokalis Baskara Putra Buat Alarm S.O.S

Baskara (kiri) bersama band .Feast. (Foto: Dokumentasi .Feast)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Vokalis .Feast Baskara Putra mulai mengimbau pembuatan alarm khusus S.O.S bagi penonton sebagai perlindungan diri dari pelecehan seksual saat konser. Imbauan tersebut dipicu oleh kejadian pelecehan seksual kepada penonton dalam konser yang digelar .Feast di Bekasi pada Minggu (20/10/19).

“Barusan dapat kabar lagi perihal pelecehan seksual yang dilakukan sama cowok-cowok ‘anjing’ di pertunjukan kami di Bekasi. Hal yang paling saya benci adalah sex offender,” tulis Baskara melalui akun Twitter-nya, @wordfangs.

Setelah menunjukkan kekesalannya, Baskara bersama Kunto Aji membuat video singkat bertuliskan S.O.S (Save Our Soul) yang bisa diputar penonton ketika kejadian tidak mengenakkan terjadi di antara kerumunan, seperti pelecehan seksual. Video tersebut berwarna merah-hitam berkelap-kelip dan berdurasi 14 detik. Nantinya, penonton bisa memperlihatkan video S.O.S tersebut ke arah penampil agar bisa diketahui dan ditindak dengan cepat.

“Teman-teman silakan download dan save di HP. Mulai sekarang, kami akan selalu mensosialisasikan tanda ini ke penyelenggara dan keamanan acara,” tulis Baskara. “Jadi besok-besok enggak harus nunggu diperhatikan performer. Sesama teman-teman penikmat musik/pengunjung juga saling jaga ya.”

Sebelumnya, unggahan akun Twitter @Pujanggavati bercerita bahwa dirinya telah dilecehkan oleh penonton lain hingga menangis selama konser .Feast di Bekasi berlangsung. Hal ini memicu Baskara untuk segera memikirkan cara untuk mencegah pelecehan seksual selama konser berikutnya berlangsung, juga untuk konser band-band lainnya.

“Pertama kalinya ibadah nonton @listentofeast paling depan, malah dilecehin cowo ampe nangis,” tulis pengguna akun Twitter @Pujanggavati (19/10/2019). “Bikin gerakan yuk kalau bisa, buat nebas pelecehan seksual kayak gini. Tanda atau apa gitu?

 

Penulis: Ignatius Raditya Nugraha

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Dokumentasi .Feast

Sumber: detik.com, kompas.com, cnnindonesia.com