Pemerintah Resmi Larang Mudik Lebaran 2020

Pemerintah resmi melarang mudik lebaran untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada Selasa (21/04/20).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Pemerintah resmi melarang mudik lebaran untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kebijakan itu ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas melalui konferensi video, Selasa (21/04/20).

“Pada rapat hari ini, saya sampaikan bahwa mudik semuanya akan kita larang. Oleh karena itu, saya minta persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan,” kata Presiden Jokowi seperti dilansir dari kumparan.com.

Dalam rapat sebelumnya, pemerintah hanya menyampaikan himbauan agar masyarakat tak pulang ke kampung halaman, tetapi tidak ada larangan resmi perihal mudik lebaran. Sebelumnya, larangan hanya berlaku bagi ASN, TNI, Polri, serta pegawai BUMN.

Keputusan melarang mudik ini diambil berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Tercatat menurut survei masih ada 24 persen masyarakat bersikeras untuk melakukan mudik.

“Dari hasil survei Kemenhub yang tidak mudik 68 persen, yang tetap mudik 24 persen, yang sudah mudik 7 persen. Artinya masih ada angka yang sangat besar yaitu 24 persen tadi,” jelas Jokowi.

Maka dari itu, perlu adanya kebijakan yang lebih tegas agar masyarakat tidak mudik sehingga penyebaran virus corona di Indonesia dapat dicegah.

Diketahui, hingga Selasa (21/04/20), terdapat 7.135 kasus positif Covid-19 yang terdeteksi di seluruh Indonesia. Sementara itu, 616 orang meninggal dunia dan 842 lainnya dinyatakan sembuh.

Penulis: Jairel Danet Polii

Editor: Agatha Lintang

Foto: kompas.com

Sumber: kumparan.com, kompas.com, tempo.com