Sumatera Barat Donasikan Rendang Kepada Korban Tsunami Selat Sunda

Sumatera Barat telah mengirim donasi makanan berupa rendang untuk para korban tsunami di Banten dan Lampung. (Sumber foto: thejakartapost.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Dengan meningkatnya jumlah pengungsi korban tsunami Selat Sunda di Lampung dan Banten, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat mengirim bantuan makanan berupa rendang siap saji sebanyak kurang lebih 1.4 ton. Bantuan ini kemudian dibagi untuk didistribusikan ke dua lokasi yang terkena dampak peristiwa ini, yang mana Lampung menerima 600 kg rendang dan Banten menerima 800 kg rendang.

“Rendang ini kita serahkan untuk membantu para pengungsi yang ada di Kantor Gubernur Lampung dan di Lampung Selatan. Total semuanya 600 kg,” jelas Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit, dikutip dari Liputan6.com.

Penyerahan rendang di Lampung yang diberikan untuk para pengungsi di Kantor Gubernur Lampung berjumlah 100 kg, sedangkan 500 kg lainnya diberikan untuk pengungsi di Tennis Indoor Kalianda Lampung Selatan.

Sementara itu, 800 kg rendang yang disumbangkan ke Banten disajikan dalam kemasan dengan berat 500 gram. Mengingat Banten, khususnya di Pandeglang, terkena dampak tsunami paling parah, jumlah rendang yang diterima pun jauh lebih banyak.

Selain makanan, Nasrul menyatakan bahwa Pemprov Sumatera Barat juga akan mengirimkan bantuan berupa uang tunai kepada para korban tsunami.

Sumbangan berupa makanan tradisional khas Minang ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Sumatera Barat. Sebelumnya, para warga dan pegawai di sini juga telah mendonasikan rendang pada korban bencana di Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Tengah, tepatnya di Palu dan Donggala. Menurut Kepala Biro Humas Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sumatera Barat Jasman, seperti dilansir dari Thejakartapost.com, pengumpulan rendang sebagai bentuk donasi kepada para korban bencana telah menjadi sebuah gerakan sosial di lingkungan masyarakat sekitar.

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: thejakartapost.com

Sumber: antara.com, liputan6.com, thejakartapost.com, suara.com