Antusiasme Pembentukan Asosiasi Televisi Kampus Indonesia

Perwakilan dari beragam televisi kampus sedang berdiskusi tentang pembentukan Asosiasi Televisi Kampus Indonesia. Pembicaraan ini berlangsung di lantai 7 Gedung Rektorat Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada Jumat (17/03/2017).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Diselenggarakannya Televisionair 2.0 di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menarik cukup banyak perhatian. Acara ini berisikan workshop dan seminar seputar dunia pertelevisian yang terbuka untuk kalangan mahasiswa, serta sharing dan diskusi yang dikhususkan bagi 16 perwakilan televisi kampus luar yang datang.

Salah satu sesi sharing dan diskusi membahas tentang gambaran pembentukan Asosiasi Televisi Kampus Indonesia (ATKI). Pembahasan ini dilakukan pada Jumat (17/03/17) di lantai tujuh Gedung Rektorat UMN. Perwakilan televisi kampus yang berasal dari beberapa universitas di Indonesia, serta perwakilan dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI), menyempatkan diri untuk menghadiri pembahasan ini.

Bahasan pembentukan ATKI ini dibawakan oleh Yovita Debora dari UMN TV dan Dandy dari DNK TV. Lewat proyeksi power point , mereka memaparkan poin-poin seperti visi dan misi, tantangan, harapan, serta syarat keanggotan yang akan berlaku saat asosiasi ini kelak terbentuk nanti.

“Rencana pembuatan ATKI ini sudah pernah ada sebelumnya. Jadi, itu pernah ada di tahun lalu, di acara ini juga, di acara Televisionair yang pertama. Tapi, di acara kemarin tuh kayak masih menguap gitu, temen-temen. Kayak kemarin rencananya udah ada, tapi kita hilang arah dan tujuan,” ujar Yovita.

Lewat pertemuan yang diadakan oleh perwakilan UMN TV, DNK TV, Budi Luhur TV, dan Sigma TV pada Kamis (09/03/17) lalu, muncul ide untuk mengangkat kembali topik pembentukan ATKI yang sempat surut itu.

“Kita sempat kopi darat di Bintaro Xchange, intinya adalah kita membagi pikiran yang sama. Kita harus ngapain nih? Kita harus membuat sesuatu yang bermanfaat buat kita dan bagi nanti penerus-penerus kita yang ada di TV,” jelas Dandy.

Para peserta yang ada di dalam ruangan pembahasan pun menunjukkan respon positif. Pertanyaan hingga beragam komentar diberikan pada Yovita dan Dandy. Salah satu dukungan diberikan oleh Muhammad Arifuddin yang merupakan perwakilan sekaligus produser Unhas TV.

“Asosiasi ini harus jadi, karena ini sejarah untuk kampus. Saya harap asosiasi bisa jadi hari ini, dan kita deklarasikan,” ucap pria yang akrab disapa Arif itu.

Layaknya Arif, Eva mewakili AJI juga mendukung penuh pembentukan ATKI. Terkait masalah deklarator dan anggota, Eva menuturkan untuk tidak perlu memusingkan persoalan itu.

“Yang penting disini adalah komitmennya, kemudian nilai apa yang mendorong. Itu aja kalo menurut saya. Teman-teman tidak perlu berpanjang lebar mengurusi A, B, C, dan sebagainya. Bagi yang belum mau untuk menandatangani, nggak ada masalah. Itu tidak ada masalah, kalau saja deklarasi ini hanya ada 10 yang mau menandatangani, itu tidak masalah, ini komitmen,” jelas Eva.

Televisi-televisi kampus yang akan ditetapkan sebagai deklarator sendiri merupakan mereka yang sudah mantap menandatangani deklarasi pada acara ini. Televisi kampus lain yang ingin bergabung dengan asosiasi pasca pendeklarasian hanya akan menjadi anggota biasa.

Penulis: Gilang Fajar Septian

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: Nico Nathanael