Pameran COMMPRESS 2021: Ekspresi Melalui Kreativitas

Pameran photo story pada Ruang Indiependen 2021 yang diselenggarakan secara daring pada Rabu (06/05/2021). (ULTIMAGZ/Kyra Gracella)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Program studi Jurnalistik Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kembali mengadakan acara tahunan COMMPRESS 2021 pada Senin (03/05/21). Pameran karya mahasiswa yang juga hadir setiap tahunnya, Ruang Indiependen, pun kembali diadakan meskipun digelar daring.

Kategori dalam pameran masih serupa seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu foto tunggal, video dokumenter, photo story, dan bilik media yang berisi hasil karya media kampus UMN yang bisa diakses melalui situs yang sama. Selain itu, kategori infografik dan video mobile journalism hanya ada di akun Instagram @ruang.indiependen.

Mengangkat tema “express yourself through creativity” atau mengekspresikan diri melalui kreativitas, salah satu bagian paling berbeda dari pameran tahun ini dari tahun sebelumnya adalah bagian photo story. Pengunjung tidak hanya menikmati karya dengan penglihatan, tetapi juga harus mengandalkan indra pendengaran karena esai pelengkap foto ikut dinarasikan dengan suara.

Sebelum dipamerkan, semua karya di Ruang Indiependen dikurasi oleh beberapa tokoh yang ada dalam dunia jurnalistik berdasarkan spesialisasinya. Misalnya, video dokumenter sudah dikurasi oleh Ari Trismana, produser Watchdoc, rumah produksi karya jurnalistik seperti dokumenter dan feature.

Meskipun lomba-lomba tersebut paling banyak diikuti oleh mahasiswa UMN, mahasiswa dari universitas lain juga dapat berpartisipasi. Semua kategori lomba dan pameran pada akhirnya selaras dengan tujuan utama COMMPRESS 2021, yaitu mengajak jurnalis muda untuk menyampaikan kabar baik untuk meningkatkan optimisme di tengah pandemi.

“Kami sebagai mahasiswa, mahasiswi jurnalistik merasa punya tanggung jawab untuk menyebarkan semangat optimisme. Apalagi, karya jurnalistik merupakan suatu alat yang cukup kuat dan dapat memengaruhi masyarakat,” ungkap Veronica Novaria, Ketua COMMPRESS 2021.

Rangkaian lain COMMPRESS 2021 memperkuat tema dan harapan tersebut. Selain pameran dan lomba, diadakan juga seminar dengan tema “Jurnalisme Solusi: Optimistis atau Pesimistis?” dan “Berkarya Positif dengan Konten Kreatif”.

 

Penulis: Nadia Indrawinata

Editor: Maria Helen Oktavia

Foto: Kyra Gracella