Film Maikia Menangkan Dua Kategori di Ultigraph 2017: RUPAVIKARA

Mahasiswa UMN, dari kanan, Kemberly Dilois, Jason Kiantoro, Kenaya Gabriel, dan Stefani Guscia. Dalam menerima penghargaan di kategori animasi 3D di Awarding night Ultigraph yang diadakan di gedung perfilman Usmar Ismail, Jakarta pada (30/09/2017) lalu.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Film animasi Maikia berhasil mendapatkan dua pengargaan dalam kategori Animasi 3D di Awarding Night Ultigraph 2017: RUPAVIKARA. Awarding Night tersebut diadakan di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jakarta Selatan, pada Sabtu (30/09/17).

Film Maikia merupakan hasil karya dari lima mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN), yaitu Bryan Arfiandy, Jason Kiantoro, Kemberly Dilois, Stefani Guscia dan Kenaya Gabriel. Penghargaan yang berhasil dimenangkan adalah Animasi 3D dengan kategori Visual Terbaik dan Animasi Terbaik.

“Agak unexpected. Awalnya berpikir kalau setiap film hanya menang satu kategori penghargaan, dan kita juga merasa tahun ini contender-nya banyak yang lebih bagus. Ada ‘Dissonance’, film Mario yang ‘Kas!’. Malah saya sendiri berpikir, kalau ‘Fishing Day’ yang akan menang juga. Tapi, surprise aja,” ujar salah satu animator film Maikia Jason Kiantoro.

Animator film Maikia yang lain, Kenaya Gabriel, juga menyampaikan hal yang sama. Ia tidak menyangka dan kaget ketika Maikia kembali dipanggil.

Maikia sendiri menceritakan tentang seorang laki-laki yang sangat berjuang untuk menyatakan perasaan cintanya pada teman perempuannya sendiri. Laki-laki itu melewati banyak rintangan yang dikemas dalam dimensi lain. Ketika usahanya hampir berhasil, ada sesuatu dalam dirinya yang menahannya untuk menyatakan cinta.

Jason mengatakan bahwa cerita ini merupakan ide dari direktor mereka, yaitu Bryan Arfiandy yang berhalangan hadir hari itu. Menurut cerita Bryan kepada Jason, cerita itu terinspirasi dari pengalaman pribadinya. Proses pembuatan film Maikia sendiri memakan waktu satu semester, kurang lebih 12 minggu. Film Maikia sendiri mereka buat saat menjadi mahasiswa semester lima.

 

Penulis: Rachel Rinesya Putri

Editor: Hilel Hodawya

Foto: Evan Andraws