‘Giat for UMN’, Aplikasi yang Menjawab Keresahan Mahasiswa UMN

Ilustrasi penggunaan aplikasi Giat pada gawai atau telepon pintar (ULTIMAGZ/Hedwige Gevelyne)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – ‘Giat for UMN’ adalah aplikasi baru khusus untuk mahasiswa UMN yang kini telah tersedia di Playstore dan Appstore secara gratis. Melalui aplikasi ini, mahasiswa UMN dapat melihat jadwal kelas, daftar tugas, nilai per-mata kuliah, hingga memasang alarm reminder untuk kelas kita.

Awalnya, aplikasi ini adalah karya salah seorang mahasiswa UMN yang resah akan proses pengaksesan informasi sederhana seputar perkuliahan yang harus melalui banyak langkah dan terkesan tidak praktis. Mahasiswa Sistem Informasi 2018 Surya Widi Kusuma merasa seharusnya ada cara yang lebih mudah untuk mengakses informasi-informasi tersebut.

Step-nya banyak banget gitu. Pertama buka browser, terus buka My UMN, terus harus log-in gitu-kan setiap buka, terus buka halaman jadwalnya. Step-nya banyak,” terang Widi.

Contoh tampilan jadwal mata kuliah pada penggunaan aplikasi Giat (ULTIMAGZ/Hedwige Gevelyne)

Aplikasi ini sejatinya telah dibuat sejak 2019 lalu, tetapi saat itu hanya ia dan segelintir teman dekatnya yang menggunakannya. Di awal 2020, Widi kembali mengembangkan aplikasi ini dengan memperbaiki beberapa masalah pada sistem dan menyempurnakan penampilan aplikasi.

‘Giat for UMN’ akhirnya rilis di Playstore pada November 2020 dan di Appstore pada akhir Januari 2021. Kini ‘Giat for UMN’ telah diunduh lebih dari 100 pengguna Android serta Iphone. Respon pada ulasan yang tercantum di Playstore dan Appstore pun hampir semua bernada positif.

Saat ini, ‘Giat for UMN’ hanya dijalankan berdua oleh Widi dan temannya, Wiracayana RJ, yang ia beri kepercayaan memegang sosial media dan promosi. Kedepannya, Widi berharap memiliki tim sendiri untuk mengembangkan aplikasinya ini. Untuk Ultimates yang ingin bergabung, ‘Giat for UMN’ sedang mencari orang yang bersedia berkontribusi menjadi UX Designer.

Meski sudah disetujui oleh pihak IT UMN, perlu diingat kembali bahwa aplikasi ini bukanlah aplikasi utama yang bisa menggantikan My UMN dan E-Learning UMN. Jadi aplikasi ini dapat kita gunakan sebagai media tambahan untuk memudahkan kita dalam berkuliah, baik online maupun offline.

 

Penulis: Reynaldy Michael Yacob

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: Hedwige Gevelyne