Tidak Ingin Menganggur Setelah Lulus? Lakukan Hal Berikut!

Albertus Prestianta berbagi pengalaman menemukan motivasi diri dengan materi 'Your Potential is Limitles', dalam seminar "Smart Student: The Best of Me" di Student Lounge Universitas Multimedia Nusantara, Rabu (27/4).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2014, 9,5 persen (688.660 orang) dari total pengangguran di Indonesia merupakan alumni perguruan tinggi. Itulah hal yang diangkat oleh dosen Ilmu Kominikasi Albertus Prestianta pada seminar motivasi diri “Smart Student: The Best of Me”, Rabu (27/4) di Student Lounge Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Albert yang membawakan materi ‘Your Potential is Limitless‘ pada sesi kedua seminar membagikan pengalaman serta motivasi bagi para peserta.

Tidak ingin menjadi bagian dari angka tersebut? Coba yuk, tanamkan nilai-nilai berikut!

  1. Disiplin
    Albert mecoba mengingatkan bagaimana jadwal keseharian para peserta sejak SD. Dulu sewaktu masih SD, SMP, dan SMA, seluruh jadwal telah diatur dan kita tinggal mengikuti arus saja. Belajar di kelas pada pagi hari, istirahat sejenak waktu siang, lalu belajar lagi hingga sore, dan dilanjutkan dengan ekstrakurikuler atau les. Namun saat kuliah, jadwal diatur oleh diri sendiri, sehingga untuk mengikutinya butuh kemauan dan disiplin.
  2. Tekun
    Ketekunan atau rajin dan bersungguh-sungguh, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan diri agar dapat bersaing ketika menghadapi dunia kerja kelak. Tentu perusahaan lebih memilih untuk merekrut pekerja yang rajin dibandingkan yang malas, bukan?
  3. Jangan Cepat Puas
    “Kamu bisa berapa bahasa? Ada yang bisa dua bahasa? Tiga? Empat?” tanya Albert kepada para peserta seminar. Saat ia menyebutkan angka dua, masih banyak peserta yang mengacungkan jari. Namun begitu Albert menyebut angka tiga dan empat, semakin sedikit peserta yang mengangkat tangan. Bahkan hanya satu orang peserta yang menguasai empat bahasa. Dari hal itu, Albert menekankan agar kita jangan cepat puas dengan kemampuan yang sudah dimiliki saat ini, baik dalam hal bahasa maupun hal lain.
  4. Atur Waktu
    Untuk mengatur waktu, yang dapat kita lakukan pertama-tama ialah membuat urutan tugas dan menentukan skala prioritas, termasuk untuk kegiatan organisasi dan hobi. Terkadang, kita harus memilih antara dua kepentingan, misalnya antara organisasi dan kuliah. Kalau sudah terjadi demikian, coba buatlah skala prioritas di antara dua pilihan tersebut.
  5. Kerjakan
    Buatlah target di awal hari perihal hal apa saja yang harus diselesaikan hari tersebut dan jangan beranjak ke hal lain sebelum pekerjaan dalam daftar tersebut diselesaikan. Setelah selesai, kamu dapat menghadiahi diri sendiri sebagai penghargaan atas kerja kerasmu.
  6. Aktualisasi
    Pada akhirnya, pastikan semua target dan tujuan hidup yang telah kamu rencanakan berhasil teraktualisasi dengan baik.

Itulah beberapa nilai yang dapat kita terapkan untuk meningkatkan nilai diri menurut Albert. Tanamkan nilai tersebut dalam diri sendiri, dan bersiaplah untuk menyambut kesuksesanmu!

Penulis : Monica Devi Kristiadi
Editor : Alif Gusti Mahardika
Fotografer : Angelina Rosalin