Tracce Ikut Serta dalam Pemecahan Rekor MURI Tarian Ratoh Jaroe Massal

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Setelah sukses menampilkan tari tradisional di acara Japan Golf Fair 2016 di Jepang, Februari kemarin, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tracce Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kini bersama 6.600 penari Ratoh Jaroe untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (24/4). Menurut ketua Tracce Claudia Valensia, kesempatan ini menjadi sebuah pengalaman bagi mereka.

“Jadi awalnya, pelatih Tracce menginfokan kalau akan ada rekor MURI Ratoh Jaroe di TMII. Terus pas ngobrol-ngobrol, akhirnya pelatih mengajak buat ikutan. Lumayanlah untuk pengalaman dan nambah-nambah portofolio,” tutur Claudia saat diwawancarai Sabtu (23/4).

Claudia menuturkan, Tracce akan mengirimkan 25 penari untuk berpartisipasi dalam acara ini. Proses persiapan yang dilakukan untuk acara ini adalah berlatih gerakan tari bersama pelatih satu kali. Setelah itu. mereka menghafalkan dan berlatih gerakan sendiri, dan setelah gladi resik, mereka berlatih lagi bersama pelatih.

Claudia mengaku tantangan yang dihadapi kali ini adalah perihal waktu. Kesulitan anggota untuk meluangkan waktu serta terhentinya latihan sementara karena Ujian Tengah Semester menjadi salah satu kendala. Apalagi saat mereka wajib mengikuti gladi resik di TMII, namun tidak sedikit anggota Tracce yang kebetulan mempunyai jadwal kuliah pada hari itu.

“Paling susah itu usaha meluangkan waktu. Kayak kemarin GR (gladi resik) wajib datang, jadi anak-anak harus bolos kelas demi GR,” ujar Claudia. Terkait biaya, Claudia mengaku biaya yang dipakai untuk pendaftaran merupakan dana pribadi anggota. Sedangkan untuk konsumsi, kostum, dan transportasi ditanggung penuh oleh pihak kampus.

Penari dalam Tarian Ratoh Jaroe Massal yang diselenggarakan oleh Anjungan Aceh di TMII ini sendiri berasal dari Jabodetabek.

 

Penulis: Stephani Laurensia

Editor: Alif Gusti Mahardika

Foto: dok. Tracce