Konsep Baru OMB Puaskan MABA

Hari pertama OMB 2016 diisi oleh semangat dan juga atmosfir yang positif dari para MABA, terlihat mereka sedang melakukan salam UMN. (22/8)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com– Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) dikenal sebagai tahapan sebelum menempuh studi di sebuah universitas. Namun, kegiatan ini kerap menjadi ajang perpeloncoan oleh senior dan ditakuti mahasiswa baru (maba).

Hal berbeda terjadi di Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Mengusung konsep baru yang serupa dengan Campus Visit, maba tampak puas dengan kegiatan yang telah mereka lakukan pada hari pertama pelaksanaan OMB.

Aktivitas telah dimulai sejak pagi hari, di mana maba diwajibkan untuk berkumpul di drop point pada pukul enam pagi. Meski demikian, sejumlah maba telah tampak bersiap di sana sejak pukul lima pagi. Usai berkumpul, maba berbaris dan memasuki area kampus melalui pintu samping, serta diperiksa kelengkapan atributnya. Acara dilanjutkan dengan upacara bendera. Rektor UMN Ninok Leksono yang berperan sebagai pembina, meresmikan OMB 2016 dengan pemukulan gong.

Usai itu, maba diajak untuk berkeliling dan mengenal lingkungan, organisasi, kesiswaan, serta fasilitas-fasilitas kampus lewat acara Campus Tour. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi dan diselingi dengan istirahat. Setelah beberapa jam berkeliling kampus, para maba diajak untuk berkumpul di lapangan dan mendengarkan beberapa surat cinta terpilih yang telah mereka buat untuk para panitia.

Acara kembali dilanjutkan dengan pesan dan kesan dari mentor besar, Albertus Magnus Prestianta. Dalam kesempatan ini, ia juga menanyakan kesan-kesan dari para maba.

“Selama satu hari ini kesan dan pendapat saya sama seperti sebelumnya. Suka, duka, senang, dan susah kami lalui bersama. Tapi di luar semua itu, kami merasa senang, puas, dan kami juga merasa segala sesuatu yang disampaikan panitia, maupun rektor ataupun wakil rektor, dan semua staf yang terlibat dalam acara ini, menurut kami sangat informatif dan membantu kami,” kata Ivan Richard, salah satu maba.

Senada dengan Ivan, dua mahasiswa lain juga memberikan kesan positif terhadap kegiatan ini.

Setelah itu, maba menjalani kegiatan terakhir, yaitu kuliah Person in Charge (PIC). Dalam kegiatan ini, PIC membantu menjelaskan beberapa hal yang dapat dipetik dari seluruh rangkaian acara hari ini. Para maba juga diminta untuk membuat refleksi individu.

Ketua Panitia OMB Felix Lidwino mengakui bahwa antusiasme maba tahun ini melebihi ekspetasi panitia. Para maba tampak senang dan benar-benar mendapatkan pesan yang diharapkan panitia. Bagi Felix, pendapat positif dari maba menandakan bahwa mereka memperhatikan dengan baik, dan berjalannya OMB dengan baik menjadi kebanggaan tersendiri bagi panitia.

Selain itu, Felix juga memiliki harapan untuk hari esok.

“Semoga maba tetap mempertahankan energi dan semangat positif yang ada di diri mereka, sehingga mereka bisa menjadi mahasiswa berjiwa muda dan berkarya,” tutupnya.

Penulis : Evan Andraws

Editor : Clara Rosa Cindy

Foto : Benedict Wiyanjaya