Kurawal Ajak Ciptakan Karakter Game Lewat Workshop RPG Character Design

Para peserta mengikuti acara Kursus Digital Art yang diselenggarakan oleh Brush Studio untuk menggambar sebuah karakter yang akan dipresentasikan oleh setiap kelompok peserta di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Gading Serpong, Tangerang. (13/03/18).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Bekerjasama dengan Brush Studio, Kurawal menggelar workshop RPG Character Design yang diselenggarakan pada Selasa (13/03/18) di Ruang Lab C604 Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Dalam workshop ini hadir Nita, ilustrator sekaligus concept artist di MNC Animation.

Acara yang diadakan oleh Interactive Media Design UMN ini diawali dengan presentasi dari narasumber mengenai cara membuat karakter yang baik.

“Karakter bisa dibuat selama bertahun-tahun, contoh Up yang membutuhkan research yang lama. Sifat, kebiasaan, personality seperti apa agar tidak mudah dilupakan,” ujar Nita.

 

Nita mempresentasikan tentang Concept Artist MNC TV Animasi dari Brush Studio di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Gading Serpong, Tangerang. Brush Studio ini adalah sebuah tempat kursus digital art.(13/03/18).

Role Player Games (RPG) merupakan permainan dimana pemainnya berperan menjadi tokoh utama. Menurut Tania Juliet, ketua workshop RPG Desain Character, kebanyakan orang akan membayangkan pahlawan yang membawa pedang atau magician saat mendengar kata RPG, seperti yang digambarkan dalam game Final Fantasy, Tales.

“Desain karakter adalah sesuatu yang mengasyikkan, kita mengajak mahasiswa yang sedang penat untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan tapi berilmu,” jelas Tania.

Tak hanya presentasi dari narasumber, dalam workshop ini para peserta juga diajak melakukan speed drawing untuk membuat karakter sesuai yang mereka inginkan. Setelahnya peserta diminta mempresentasikan karakter yang telah dibuat di akhir workshop.

Di tahun penyelenggaraan keduanya ini, Kurawal mengusung tema Resonance yang memiliki arti gelombang. Tema tersebut dipilih dengan harapan kalau acara ini bisa menyebar seperti gelombang sehingga dapat makin dikenal, khususnya oleh civitas akademika UMN.

“Tema Kurawal di tahun ini masih berhubungan dengan acara kami di tahun sebelumnya yang bertemakan Unravel the Unknown. Kurawal membahas hal-hal yang interaktif, misal yang paling sering kita temui adalah game karena terdapat komunikasi dua arah” kata Tania.

Tak hanya mengadakan workshop, Kurawal juga menggelar pameran, seminar, minigames, AR photobooth, dan berbagai lomba.

 

Penulis : Agatha Lintang

Editor : Gilang Fajar Septian

Foto : Sania Zelikha