Line Webtoon Jadi Wadah Komikus Indonesia Berkarya

Ghina Fianny, selaku Manager Line Webtoon Indonesia memberikan penjelasan tentang peran Line Webtoon sebagai wadah bagi komikus Indonesia dalam mempublikasikan karyanya dalam seminar Line Creators Campus Roadshow, Senin (08/05/17) di Executive Lounge, Universitas Multimedia Nusantara.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Bekerja sama dengan Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Line Indonesia menyelenggarakan seminar bertajuk Line Creators Campus Roadshow. Acara tersebut berlangsung pada Senin (08/05/17) di Executive Lounge UMN. Mendatangkan beberapa narasumber dari pihak Line Webtoon, platform ini diklaim menjadi terobosan baru bagi komikus Indonesia untuk mempublikasikan karyanya.

Pada kesempatan tersebut, Manager Line Webtoon Indonesia Ghina Fianny menjabarkan lebih jauh tentang peran platform Line Webtoon di Indonesia.

Banyaknya komikus Korea yang gulung tikar akibat tingginya kasus pembajakkan karya melatarbelakangi Naver Webtoon berinisiatif untuk menyajikan platform baru bagi para komikus untuk menampilkan karyanya dengan lebih efektif dan mudah untuk diakses oleh masyarakat.

“Ide tersebut yang kemudian diadopsi oleh Line. Line ingin para komikus untuk memiliki wadah yang layak bagi karya-karya mereka,” ujar Ghina.

Line Webtoon sendiri merupakan platform yang disediakan Line untuk mewadahi para komikus untuk menyalurkan karyanya kepada para pembacanya. Line Webtoon menyediakan komik dari beragam genre di antaranya, romantis, komedi, drama, horor, dan lainnya.

Hingga saat ini, Line Webtoon Indonesia telah bekerjasama dengan kurang lebih 50 komikus baik lokal maupun internasional serta menghadirkan 80 judul komik dengan 44 komik  yang berstatus on-going dan 36 komik berstatus tamat.

Jumlah tersebut dinilai masih sangat sedikit oleh pihak Webtoon mengingat tingginya antusiasme masyarakat Indonesia akan hadirnya komik-komik di platform tersebut. Oleh karena itu, Ghina mengimbau para komikus Indonesia untuk lebih kreatif serta berani untuk menunjukkan karyanya.

“Ayo, para content creator lebih aktif dalam berkarya. Jangan hanya menumpuk ide di angan. Jika bisa direalisasikan menjadi komik, hal tersebut akan mendatangkan banyak benefit untuk kalian,” pesan Ghina.

Penulis: Natalia Setiawan

Editor: Christian Karnanda Yang

Foto: Elvira Lisa Gunawan