Pentingnya Orientasi, Ketua OMB: Gerbang Utama Bagi Mahasiswa Baru

Ketua Panitia Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ketika diwawancarai pada Rabu (07/08/19) di lapangan parkir UMN, Serpong. (ULTIMAGZ/Kevin Oei Jaya)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) 2019 berakhir di hari kedua pada Rabu (07/08/19). Menjelang inaugurasi yang menjadi acara puncak, Ketua OMB UMN 2019 Edwin memberikan amanat bagi mahasiswa baru.

“Wujudkan bakat dalam semangat berawal dari dua nilai: aktualisasi diri dan dedikasi mandiri. Teman-teman yakin sudah sanggup menjadi mahasiswa?” tanya Edwin, disambut dengan riuh mahasiswa menjawab “Sanggup!”

Saat ditemui setelah acara, Edwin mengungkapkan pentingnya masa orientasi bagi mahasiswa baru. Mahasiswa jurnalistik angkatan 2016 itu mengungkapkan bahwa orientasi bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi mahasiswa baru mengenai UMN.

“Bagaimana sistem, fasilitas, supaya mereka enggak kebingungan saat memasuki dunia perkuliahan. Mereka mau bayar, mau cari KTM, mau cari apa dari A, B, C, D, sampai Z dan lain-lain. Salah satunya kayak di mana bisa ambil almamater, di mana kita harus bayar, pokoknya semuanya akan dijelaskan sama Winayaka-nya (sebutan bagi Person In-Charge kelompok),” jelas Edwin.  

Selain itu, Edwin juga menyatakan bahwa orientasi menjadi gerbang utama bagi mereka sebagai mahasiswa baru.

“Jadi, orientasi itu bertujuan untuk memperkenalkan UMN secara keseluruhan. Tapi, selain itu orientasi juga untuk gerbang utama mereka diterima sebagai mahasiswa baru,” tuturnya.

Aryo Gumilang selaku Mentor Besar sedang menyerukan yel-yel yang kemudian diikuti mahasiswa baru pada acara OMB UMN 2019, Rabu (07/08/19) di lapangan parkir UMN, Serpong. (ULTIMAGZ/Kevin Oei Jaya)

Ada beberapa hal baru yang ditemui di OMB UMN 2019. Salah satunya adalah sesi perkenalan kampus yang bertujuan untuk memperkenalkan gedung-gedung UMN. Tahun lalu, OMB menggunakan sistem QR code untuk mengenalkan ruangan-ruangan penting di UMN kepada mahasiswa baru. Melalui QR code yang ditempelkan di setiap pintu ruangan itu, mahasiswa dapat memperoleh informasi soal fungsi ruangan-ruangan tersebut. Namun, tahun ini OMB memilih cara berbeda, yaitu menggunakan teknologi 360.

“Kemarin saat sesi perkenalan kampus mereka (mahasiswa baru) melihat UMN 360 sambil berada di gedung yang bersangkutan,” kata Edwin kepada Ultimagz.

Lebih lanjut Edwin menjelaskan, dengan teknologi 360 yang diakses melalui situs 360.umn.ac.id mahasiswa baru dapat melihat isi ruangan secara keseluruhan, sembari mendengarkan penjelasan soal fungsi ruangan tersebut. 

“Mahasiswa baru perlu ‘menginjakkan kaki’ di ruangan tersebut, at least di gedung tersebut dan mempelajarinya,” ungkap Edwin.

Keseruan panitia OMB UMN 2019 seusai melewati puncak acara, yaitu inaugurasi pada Rabu (07/08/19) di lapangan parkir UMN, Serpong. (ULTIMAGZ/Kevin Oei Jaya)

Mengenai harapan untuk para mahasiswa baru, Edwin berharap mahasiswa baru dapat menikmati masa orientasi umum maupun konten program studi (konten prodi) agar dapat mengenal UMN lebih dalam. 

“Kata-kata orang beberapa tahun belakangan ini kayak mahasiswa banyak yang suka pindah-pindah prodi, suka enggak aktif di prodinya. (Harapannya) mereka mau lebih aktif dan lebih merasa mereka belong di sini,” tutupnya.

 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Anindya Wahyu Paramita

Foto: Kevin Oei Jaya