Perdalam Soal Peminatan Melalui FOCATION 2017

Situasi acara Focation yang di adakan di Loby UMN pada hari Kamis (18/05/17).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Walaupun baru pertama kali diadakan, FOCATION 2017 yang berlangsung selama dua hari yakni pada Kamis (18/05/17) hingga Jumat (19/05/17) di Lobby B Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berhasil menarik banyak pengunjung. Rangkaian acara FOCATION 2017 terdiri atas education expo, photobooth, dan bazaar.

FOCATION 2017 merupakan acara yang diadakan oleh mahasiswa program studi Manajemen yang mengambil mata kuliah Event Management. Sebagai tugas semester akhir, mereka diminta untuk membuat sebuah acara yang melibatkan mahasiswa satu angkatan yang juga mengambil mata kuliah tersebut. Berjumlah 170 orang, merekalah yang menjadi panitia FOCATION 2017.

“Di education expo terdapat booth dari empat fakultas yang berbeda, yaitu Ilmu Komunikasi, Seni dan Desain, Informasi dan Teknologi, dan Bisnis. Di dalamnya ada tutor yang akan memberi tahu perihal peminatan apa yang akan dipilih dan apa saja tugasnya,” ujar Wakil Ketua Panitia FOCATION 2017 Jemmy Oktavianus.

Salah satu tujuan utama FOCATION 2017 adalah untuk memperluas wawasan mahasiswa terhadap peminatan yang nanti akan dipilih. Bagi mereka yang sudah memilih peminatan, acara ini juga bisa menjadi ajang berkumpul bagi mahasiswa dan para senior untuk bertanya lebih dalam tentang peminatannya.

Selain itu, FOCATION 2017 juga menyediakan photobooth berlatar belakang warna ungu yang identik dengan warna poster FOCATION 2017. Di photobooth tersebut, mahasiswa diminta berfoto dan mengunggahnya ke Instagram dengan caption yang menarik dan tagar #FocationUMN #Focation2017 #FocationChallenge dan #AlwaysBeA. Nantinya, foto – foto yang sudah diunggah akan dilombakan.

Layaknya beberapa event lain yang diadakan mahasiswa UMN, FOCATION 2017 juga menyediakan bazaar yang diisi oleh para tenant dan sponsor dari acara tersebut. Sponsor yang ikut serta dalam menyukseskan acara ini antara lain adalah Endorsepin, Kao, Teh Pucuk, Cowstyle, Mellocs Studio, dan Kosan Crisplan.

Persiapan yang dilakukan sejak awal semester IV bukan berjalan tanpa kendala. Banyaknya jumlah panitia karena semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah Event Management wajib menjadi panitia membuat banyak di antara mereka kurang antusias.

“Karena kebanyakan, jadi kurang koordinasi. Untungnya, sejauh ini sukses, aman-aman saja,” ujar Jemmy.

Untuk bisa mengikuti expo, photobooth, dan bazaar, beberapa hari sebelumnya tiket sudah mulai dijual dengan harga Rp 15.000. Dengan membeli tiket, mahasiswa bisa mendapatkan SKKM Penalaran Ilmiah melalui expo dan SKKM Minat Bakat melalui photobooth.

Untuk memastikan mahasiswa mengikuti seluruh rangkaian yang telah disiapkan, mahasiswa diminta untuk menyelupkan salah satu jarinya pada tinta di setiap perhentian. Total terdapat empat perhentian, yaitu pada saat pendaftaran ulang, photobooth, booth fakultas, dan booth Endorsepin.

Penulis: Geofanni Nerissa Arviana

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: Reynard Santoso