Rosiana Silalahi Sebut Generasi Milenial Receh

Hari kedua Indonesia Writers Festival (IWF) 2019 dibuka dengan gelar wicara yang bertema "Literasi Zaman Now" di Gedung A Universitas Multimedia Nusantara yang mengundang Uni Lubis, Rosiana Silalahi, Retno MArsudi, dan Bima Arya Sugiarto sebagai pembicara pada Sabtu (7/9/19).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Pemimpin Redaksi Kompas TV, Rosiana Silalahi menilai bahwa generasi milenial atau generasi zaman sekarang adalah generasi receh. Hal itu didukung oleh kegiatan simpel yang dilakukan lalu diunggah ke akun media sosial. 

“Cuma ngucek-ngucek boneka aja ada dua juta yang nonton. Bu Menlu (Menteri Luar Negeri) ikut memperjuangkan Palestina pakai syal setelah melalui proses yang tidak mudah, mungkin itu baru ratusan ribu penonton. Padahal itu menunjukkan bagaimana posisi Indonesia di dunia,” ujar Rosi dalam sesi diskusi bertema Literasi Zaman Now pada hari kedua Indonesia Writers Festival (IWF) 2019.

Rosi mengatakan bahwa terkadang hal tersebut tidak bisa dilawan, tetapi kita bisa pelan-pelan memasukkan kualitas dalam tayangan digital. Rosi setuju dengan adanya dunia digital yang memudahkan semua orang, termasuk generasi milenial. Rosi menyebutkan bahwa kata ‘memudahkan’ ini mempunyai dua pilihan, yaitu untuk generasi receh atau generasi berkualitas.

Rosi juga membagikan pengalaman dirinya dengan Kementerian Luar Negeri beberapa tahun lalu dalam mempraktikkan efektifnya dunia digital dalam pemberitaan di stasiun televisi. Pemberitaan untuk televisi juga semakin dimudahkan dengan bantuan dunia digital.

Hari kedua  IWF pada Sabtu (07/09/19) di Function Hall Universitas Multimedia Nusantara dalam sesi pertama membahas keefektifan literasi zaman sekarang terhadap generasi milenial. Sesi ini menghadirkan CEO IDN Media Winston Utomo dan Editor in Chief IDN Times Uni Lubis, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Pemimpin Redaksi Kompas TV Rosiana Silalahi, dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Acara yang digelar oleh IDN Times ini merupakan pertemuan independen untuk memberdayakan Indonesia terutama di bidang menulis. IWF 2019 pada sesi kali ini dibawakan oleh Uni Lubis selaku moderator dan sekaligus Editor in Chief IDN Times dengan mengusung tema Literasi Zaman Now.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy 

Editor: Abel Pramudya

Foto: Geiska Vatikan Isdy