Seminar “The Power of Communication”: Pemanfaatan Komunikasi di Berbagai Bidang Profesional

Michael Purnama, selaku "co-founder" Smith Men Supply, sedang menyampaikan pembahasannya dalam seminar "The Power of Communication" pada Senin (09/10/17) di Lecture Hall Universitas Multimedia Nusantara (UMN).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Menjadi bagian dari rangkaian acaranya, Communication Festival (Commfest) 2017 menggelar seminar bertajuk The Power of Communication pada Senin (09/10/17) di Student Lounge Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Co-founder Smith Men Supply Michael Purnama dan Miss Internet 2017 ASEAN Delegate Marsya Gusman hadir dalam seminar ini sebagai pembicara.

Sebelumnya, pembawa acara radio dan televisi Bayu Oktara dijadwalkan untuk datang sebagai pembicara, namun batal karena berhalangan hadir. Meski demikian, seminar berjalan tanpa kendala dan diawali oleh pembahasan tentang marketing communication oleh Michael Purnama.

Menjalani bisnis gel rambut pomade, Michael menjelaskan tentang bagaimana ia dapat mengemukakan ide untuk membuat produk tersebut sambil mempromosikannya kepada para pelanggan. Menurutnya, bisnis tidak hanya mencakup tentang proses penjualan, melainkan juga memenuhi insight atau keinginan dari para pelanggan.

“Sebelum kita memulai iklan atau campaign komunikasi, kita harus tahu yang namanya insight dari customer. Insight  dari customer adalah istilahnya kemauan atau keinginan dia yang tidak terdengar,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menyinggung salah satu aspek dari promosi bisnis, yaitu soal brand awareness. “Dari marketing yang kalian komunikasikan ke publik, kalian harus sesuaikan dengan brand kalian. Karena pada akhirnya customer kalian bakal ngeliat brand kalian juga, bukan cuma produk kalian.”

Di sisi lain, Marsya Gusman membahas tentang beberapa oportunitas yang dapat dimanfaatkan oleh generasi muda di era digital ini, terutama dalam dunia pendidikan atau kerja. Salah satunya adalah menambah jaringan secara luas.

“Melalui internet ini kita bisa kenalan dengan orang-orang baru, terutama kalau di dunia kerja kalian bisa mencari partner baru misalkan kalau kalian ingin bikin usaha. Jadi kalian enggak hanya bisa sukses tapi kalian juga bisa expand your networks, karena saya percaya kalau di dunia kerja sekarang bukan lagi masalah skill,” ujar Marsya memberi saran.

Melalui seminar ini diharapkan mahasiswa dapat menggali potensi lebih dari sebuah proses komunikasi, khususnya dalam bidang-bidang profesional seperti pemasaran, networking, dan branding

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Christian Karnanda Yang

Foto: Audrie Safira Maulana