Tempo.co Jadi Pemenang di Hackathon Jakarta Editors Lab 2018

Pemenang Jakarta Editors Lab 2018, Tempo.co berfoto bersama juri di Ruang Presentasi Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, Tangerang, Minggu (11/03/18). Tempo.co akan mewakili Indonesia di Global Editor Summit bulan Mei mendatang.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Tim Tempo.co keluar sebagai pemenang utama dalam program pengembangan inovasi multimedia Jakarta Editors Lab 2018: Covering Election yang diselenggarakan di Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, Tangerang, Minggu (11/03/18). Tim Tempo.co terdiri atas Sadika Hamid (Media Lab Tempo), Riky Susanto (programmer), dan Sunardi (designer)

Tempo.co menawarkan inovasi berupa purwarupa situs LeaderMatch yang dikhususkan kepada pemilih muda yang bingung menentukan kandidat pemimpin pilihannya. Sekilas, situs ini serupa dengan aplikasi pencari jodoh Tinder yang tengah digandrungi anak muda.

“Kita berangkat dari ide melihat anak muda yang melek politik tapi susah menetukan pilihan. Karena banyaknya informasi yang mereka dapat, mereka kebingungan untuk menentukan kandidat seperti apa yang mereka mau,” ujar Sadika.

Audiens akan diberikan pertanyaan yang bisa mengukur kepekaan audiens terhadap isu terkini, minat, dan wawasan politik mereka dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Pertanyaan yang diajukan bersifat intuitif dan disajikan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Setelah audiens diberikan pertanyaan, LeaderMatch akan menelusuri kandidat yang sesuai dengan minat dan pandangan politik mereka. Dengan ini, pemilih muda diharapkan bisa mengenal lebih dekat dengan visi dan program kandidat yang sesuai dengan keyakinan mereka.

“Karena kalau disuruh melihat satu per satu kontrak kandidat akan terlalu kompleks, audiens akan kurang paham,” jelas Sadika.

Ini merupakan kali kedua Tempo.co memenangkan Hackathon Jakarta Editors Lab, dimana pada tahun 2016 mereka juga memenangkan kompetisi yang sama. Dengan demikian, Tempo.co akan menjadi wakil Indonesia di ajang Global Editor Summit 2018 yang akan diselenggarakan di Lisbon, Portugal.

Berikut adalah daftar pemenang Jakarta Editors Lab 2018.

Juara Utama: Tempo.co

Special Mention from Judges: Zonautara.com (Manado) dan Katadata.co.id

Pilihan Peserta: Beritagar.id

 

Penulis: Naufal Abrori Suprapto

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Evan Andraws