Ultima Sonora Raih Dua Gold C dalam “A Voyage of Songs”

Ultima Sonora berhasil meraih dua Gold C pada kompetisi bertajuk "A Voyage of Songs" (AVoS) di Hotel Ambassador Bangkok, Thailand pada 18 hingga 22 Juli 2019. (Foto: Dokumentasi Ultima Sonora)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Ultima Sonora berhasil meraih dua Gold C dalam kompetisi paduan suara internasional bertajuk “A Voyage of Songs” (AVoS) yang diselenggarakan di Ambassador Hotel Bangkok, Thailand pada 18 hingga 22 Juli 2019. Adapun kategori yang dimenangkan Ultima Sonora adalah Folklore dan Mixed Choir (open).

“Folklore ialah lagu daerah dari suatu negara, sedangkan Mixed Choir adalah sebuah lagu yang dibawakan secara Sopran, Alto, Tenor, dan Bass,” ujar Ketua Ultima Sonora William Reynold.

William juga menerangkan bahwa AVoS sendiri merupakan kompetisi yang telah dilaksanakan selama sembilan kali. Mengikuti arti dari kata “voyage”, kompetisi tersebut dilaksanakan secara berpindah, sehingga tidak hanya bertempat di Thailand melainkan di negara lain juga. Beberapa dari negara tersebut adalah Malaysia, Cina, dan Taiwan.

Ultima Sonora memenangkan Gold C pada dua kategori: Folklore dan Mixed Choir (open). (Foto: Dokumentasi Ultima Sonora).

Hingga saat ini, AVoS diperkirakan telah menyelenggarakan 7.000 paduan suara dari beberapa negara di wilayah Asia Tenggara, serta mengunjungi Afrika dan Eropa.

Menurut William, Ultima Sonora telah berhasil membawa nama baik karena mampu memperoleh Gold C pada kompetisi tersebut. Ia pun menjelaskan bahwa dalam sebuah kompetisi paduan suara secara umum, kompetitor mendapatkan gold, silver, atau bronze berdasarkan nilai yang didapat. Pun demikian, para peserta tidak dinilai berdasarkan urutan performa, seperti juara pertama, kedua, maupun ketiga, melainkan nilai dari para juri.

“Misalnya, nilai Ultima Sonora adalah 6, maka akan mendapatkan medal silver. Jika 8, maka akan mendapat gold. Hal ini tidak menutup kemungkinan jika seluruh paduan suara peserta mendapat silver atau gold karena sekali lagi didasarkan pada nilai juri,” tutur William.

Untuk berikutnya, Ultima Sonora tengah mempersiapkan diri untuk berkompetisi dalam Penabur International Choir Festival di Jakarta pada tanggal 3 hingga 7 September 2019 mendatang. Mereka pun percaya dapat memberi penampilan yang terbaik demi mengasah serta meningkatkan kualitas sebagai paduan suara melalui berbagai macam kompetisi.

 

Penulis: Ignatius Raditya Nugraha

Editor: Audrie Safira Maulana

Foto: Dokumentasi Ultima Sonora