Berburu Lapangan Pekerjaan bagi Difabel di “Berdaya Bersama”

PT Sumber Alfaria Trijaya menawarkan lapangan pekerjaan yang luas bagi para penyandang disabilitas pada acara "Berdaya Bersama" pada Sabtu (23/02/19) di Kemendikbud, Jakarta Selatan. (ULTIMAGZ/Kevin Oei Jaya)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Angkatan 138 menggelar pameran bursa kerja bagi penyandang difabel pada Sabtu (23/02/19) di Jakarta Selatan. Beragam perusahaan dan institusi hadir, seperti Alfamart, Kartunet, Thisable Enterprise, Badan Kepegawaian Negara, dan Danone. Setiap lembaga memberi penjelasan tentang syarat dan ketentuan pendaftaran bagi penyandang difabel sesuai Undang-Undang No. 8 Tahun 2016.

“Sekarang bahwa di undang-undang dasar kita sudah menjamin terkait kesamaan perilaku, lebih spesifik lagi, kesamaan untuk kesempatan hak bekerja dan kehidupan yang layak. Selain hak tersebut ada juga hak untuk mendapatkan pendidikan, kedua hak ini berkontribusi untuk mencapai tujuan bangsa Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum,” ucap moderator acara Choky Risda Ramadhan yang juga lulusan Fakultas Hukum UI 2011.

Alfamart merupakan salah satu lembaga yang membuka lapangan pekerjaan untuk para difabel. Mereka menerima hampir semua macam difabel dan penempatan yang disesuaikan, seperti toko, warehouse, dan kantor. Dengan melampirkan CV serta surat keterangan dari dokter, para difabel dapat mendaftarkan diri sebagai pegawai Alfamart Group.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) turut membuka pendaftaran CPNS bagi penyandang difabel. Mereka diperbolehkan untuk mendaftar dengan mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti berusia 18-35 tahun, menyerahkan surat keterangan dokter terkait tingkat disabilitas, dan mengikuti tes yang diberikan.

“Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 36 Tahun 2018 sejelas-jelasnya (menerangkan) bahwa minimum 2 persen semua formasi itu harus berasal dari formasi disabilitas, yang kedua, untuk daerah, provinsi, kabupaten, kota minimal 1 persen dari jumlah formasi,” jelas Kepala Biro Human BKN Mohammad Ridwan.

Sementara itu kedai Kopi Tuli (KopTul) selalu membuka kesempatan kepada para penyandang rungu yang ingin bekerja. Perusahaan Danone dan Kitabisa.com pun menerima pendaftaran bagi mereka yang menyandang disabilitas.

Portal lapangan kerja difabel juga dibuka oleh DNetwork, Thisable Enterprise, dan Kartunet. Ketiga media tersebut menerima berbagai macam usia dan mengedukasi para difabel yang ingin bekerja, baik vokasi maupun profesi. Rekan-rekan difabel akan dilatih sesuai tujuan pekerjaannya agar mereka lebih siap dalam dunia kerja, seperti membuka usaha atau sebagai pegawai kantoran. 

Penulis: Hanasya Shabrina

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: Kevin Oei Jaya