Berinovasi Dalam Dunia Bisnis di Pitch First 2020

pitch first 2020
Kompetisi Presentasi Ide Bisnis Pitch First yang diselenggarakan mahasiswa Pascasarjana dan anggota fakultas Universitas Prasetiya Mulya secara daring pada Sabtu (26/09/2020). (ULTIMAGZ/Elisha Widirga)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Mahasiswa Pascasarjana dan faculty member Universitas Prasetiya Mulya kembali mengadakan Pitch First 2020, lomba pitching ide bisnis pada Sabtu (26/09/20). Pada tahun ini, lomba diadakan secara daring melalui online meeting platform.

“Harapan kami adalah melalui kompetisi ini, walaupun diadakan secara online, dapat bermanfaat dan dapat berkontribusi untuk pengembangan diri mahasiswa-mahasiswa S1 di Indonesia dan juga dalam pengembangan business skills mereka,” ucap Project Director Pitch First 2020 Stella Gazali.

Dalam dunia bisnis, pitching berarti mempresentasikan segala hal yang berkaitan dengan ide atau gagasan bisnis di hadapan investor dengan tujuan mengumpulkan dana yang akan digunakan dalam membiayai kegiatan bisnis yang diajukan.

Stella pun mengaku bahwa diadakan secara daring berarti ada berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh panitia ataupun peserta. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat mereka.

Selain itu, ada perbedaan lain dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tema ide bisnis untuk peserta Pitch First 2020 tidak ditentukan oleh penyelenggara. Panitia pun melihat tantangan yang dihadapi masyarakat semakin beragam. Mereka berharap para peserta bisa mengeksplor dan berinovasi sambil mengembangkan kemampuan pitching.

Pesertanya adalah mahasiswa sarjana yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia. Namun, setelah melewati proses seleksi di babak penyisihan, Pitch First memilih 13 tim terbaik untuk melaju ke babak Semifinal. Tim yang terpilih berasal dari Universitas Bina Nusantara, Universitas Atma Jaya, Universitas Telkom, Universitas Parahyangan, Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Universitas Sriwijaya, Universitas President, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November, Sekolah Bisnis Internasional IPMI, Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Pendidikan Ganesha Bali, dan University of British Columbia.

Setelah melalui tahapan seleksi yaitu tahap penyisihan, semifinal dan tahap final, terpilih empat tim yang berhak mendapatkan predikat sebagai berikut:

juara 1: ACE FAM dari Universitas Prasetiya Mulya dengan anggota Hyacynthia Kesuma dan Hardyanshel Kesuma

juara 2: Très Bien dari IPMI International Business School dengan anggota Aufa Pratama Putra Hartadi dan Aisyah Safira Putri

juara 3: Nexus dari Universitas Indonesia dengan anggota Jonathan Edwin

best Pitching Category: UBC dari The University of British Columbia dengan anggota Jason Widjaja Sugiharto dan Fernando Axel Pestianto

Penulis: Nadia Indrawinata

Editor: Xena Olivia

Foto: Elisha Widirga