BREXPERIENCE: Berkembang Lewat “Marketing” di Media Sosial

Konferensi BREXPERIENCE sesi kedua dengan tema "Digital Marketing Through Social Media" digelar secara daring di YouTube pada Sabtu (27/03/2021).
Konferensi BREXPERIENCE sesi kedua dengan tema "Digital Marketing Through Social Media" digelar secara daring di YouTube pada Sabtu (27/03/2021). (ULTIMAGZ/Dava Ferdiansyah)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Sesi kedua BREXPERIENCE yang bertajuk Digital Marketing Through Social Media dihadiri oleh Gregorius Ruben, founder & CEO dari Yellow Fit Kitchen, dan Elise Santoso, co-founder dari Ballooney.id. Bersama, mereka membahas bagaimana media sosial mampu membuat suatu perusahaan atau jenama (brand) berkembang pada Sabtu (27/03/2021) secara live streaming melalui kanal YouTube BREXPLOR.

Kedua perusahaan tersebut, yakni Ballooney.id dan Yellow Fit Kitchen, sama-sama memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram, untuk memasarkan dan mengenalkan produk perusahaan mereka sedari awal dibentuk. Tidak banyak modal yang dibutuhkan untuk melalukan pemasaran melalui media sosial, sehingga cocok dengan keadaan perusahaan mereka yang saat itu masih berbentuk rintisan.

“Murah, bahkan modalnya itu hampir nol. Ya, mungkin enggak nol-nol banget karena kita semua butuh handphone dan ada butuh kuota juga,” jelas Elise saat menjawab pertanyaan mengenai keuntungan dari pemasaran digital.

Selain murah, Elise berpendapat bahwa pemasaran melalui sosial media itu lebih bisa diukur. Sebab, penggunaan jasa periklanan di Instagram memberikan data-data seputar pengguna media sosial yang bisa dijangkau, yang tertarik melihat iklan, dan yang akhirnya mengunjungi akun perusahaan dari iklan tersebut. Kemudian, jangkauan yang lebih luas juga menjadi salah satu kelebihan pemasaran melalui media sosial.

Sementara itu, Gregorius mengatakan bahwa Instagram itu seperti toko daring yang tidak perlu membutuhkan banyak modal seperti toko pada umumnya. Ia menarik pelanggan di media sosial Yellow Fit Kitchen dengan terus mengembangkan kualitas visual dan konten. Menurutnya, kedua hal itulah yang menjadi alasan pelanggan ingin mengikuti suatu akun media sosial.

“Mendatangkan traffic dari orang yang enggak tahu sampai orang beli, itu [semuanya] di Instagram,” ungkap Gregorius.

Mengangkat tema EDIFY dengan slogan Evolving Paradigm for Branding Survival, BREXPERIENCE merupakan salah satu rangkaian acara berbentuk konferensi dari BREXPLOR. BREXPLOR yang berasal dari kata branding dan explore adalah acara kompetisi, lokakarya, serta konferensi branding nasional pertama yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan ilmu anak muda seputar dunia branding. Dijalankan oleh divisi eksternal HIMA Branding (Owl Club) S1 Universitas Prasetiya Mulya, BREXPLOR berlangsung dari 27 Februari–28 Maret 2021.

Penulis: Vellanda

Editor: Charlenne Kayla Roeslie

Foto: Dava Ferdiansyah