Cloudburst, Grup Musik Rock Asal Yogyakarta yang Go Internasional

Cloudburst, grup musik metal asal Yogyakarta yang Go Internasional. (Foto: uniteasia.org)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Cloudburst merupakan salah satu grup musik rock asal Yogyakarta yang turut hadir memeriahkan STRSHOW di Rossi Musik, Fatmawati pada Jumat (06/03/20). Tidak hanya berkarya di lingkup nasional, Cloudburst sudah melebarkan sayap sampai tingkat internasional. 

Grup musik rock yang sudah berdiri sejak 2014 ini pernah tampil di Malaysia dan Singapura pada November tahun lalu. Selain itu, wajah Cloudburst pernah tampil di Decibel Magazine (majalah musik metal Amerika) pada awal Januari 2019 dan majalah asal Inggris yang bernama Metal Magazine. Okta sebagai vokalis Cloudburst menyebutkan bahwa hal ini adalah salah satu pengaruh dari globalisasi dalam dunia musik.

“Kan sudah globalisasi. Jadi pengaruh tidak hanya dari lingkungan sekitar, bisa ke luar lingkungan bahkan negara. Jadi kami terpengaruh lingkungan dari luar, bukan dari Jogjanya itu sendiri,” ujarnya.  

Melihat pencapaian Cloudburst, Octa melihat kalau grup musiknya sangat beruntung. Selain itu, grup musik hardcore punk ini baru saja mengeluarkan album keduanya yang berjudul “Self Titled”. Album yang berisi sembilan lagu ini diciptakan untuk mengambil konsen bertahan hidup di dunia pada zaman. 

Nama dari album kedua ini bertujuan untuk memperlihatkan musik ala Cloudburst yang baru. Menurut Okta, album kedua ini lebih menunjukkan ciri khas dari Cloudburst dibanding album pertama.

“Di album kedua ini malah menurut kami lebih merepresentasikan musik daripada album sebelumnya. Ya kalau mau dengerin album Couldburst, dengerin album yang kedua,” paparnya.

Saat ini, grup musik asal Yogyakarta itu telah menjual albumnya sampai wilayah Asia Tenggara dan Eropa. Untuk pendistribusian di Asia Tenggara, Cloudburst berada di bawah naungan label Samstrong Record. Sementara itu, untuk kawasan Eropa, perusahaan Bandcamp menyediakan situs web untuk penjualan album mereka.

Grup musik Cloudburst beranggotakan empat orang, yaitu A. Okta (vokalis), Yogi S. A. (gitaris), Ridho N. (bassis), dan J. Yudha (drum). Panggung di Rossi Musik merupakan bagian dari rangkaian tur ke Jawa Barat dari album kedua. Sementara itu, jadwal untuk rangkaian tur selanjutnya belum ditentukan. Cloudburst juga berharap untuk bisa segera menerbitkan album ketiganya.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: uniteasia.org