DBC Concert: Cegah Alzheimer dengan Peduli Sesama

DBC Concert Universitas Atma Jaya (ultimagz)
Acara music charity online concert (DBC Concert) yang digelar oleh Universitas Atma Jaya, pada Sabtu (14/11/20) via Zoom. (ULTIMAGZ/Frizki Alfian)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Angkat tema “Don Bosco Community for Alzi”, konser musik tahunan mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya berlangsung dengan sempurna (14/11/20). Sesuai namanya, tahun ini DBC Concert melakukan penggalangan dana untuk yayasan Alzheimer’s Indonesia.

Melalui acara tersebut mereka ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit alzheimer dan demensia. Dalam DBC Concert ini  dibawakan total tujuh lagu, di antaranya “Jangan Maklum dengan Pikun, “Can You Feel The Love Tonight”, dan You’ll Never Walk Alone”. Adapula dalam acara ini, mereka melakukan gelar wicara (talkshow) bersama ketua Alzheimer’s Indonesia, Michael Dirk Roelof Maitimoe.

“Salah satu cara paling efektif untuk mencegah penyakit alzheimer dan demensia adalah dengan membangun hubungan yang baik dengan keluarga,” ungkap Michael.

Menurutnya, kebanyakan orang yang terkena kedua penyakit ini memiliki kondisi sosial yang kurang baik. Oleh sebab itu, membangun relasi mulai dari dalam keluarga adalah cara terbaik untuk mencegah demensia. Selain itu, melakukan kegiatan asah otak seperti membaca dan berpikir kritis adalah alternatif lain yang bisa dilakukan.

Selain acara utama dan sesi gelar wicara, DBC juga melakukan live donation. Tercatat selama kurang lebih satu jam setengah konser berlangsung, mereka berhasil mengumpulkan dana hingga Rp10,670,068.

“Kami berharap dari konser ini dapat berdampak positif dan menjadi inspirasi untuk semua orang di luar sana,” tutup Ketua Acara DBC Concert 2020 Vienna Christantia.

Penulis: Jairel Danet Polii
Editor: Abel Pramudya
Foto: Frizki Alfian