Album Baru BTS “BE”, Sarana Bagi Pesan Positif Hadapi Pandemi

bts global press conference (Ultimagz)
BTS saat menghadiri global press conference "BE" yang disiarkan langsung melalui YouTube pada Jumat (20/11/2020). (Foto: twitter.com/bts_official)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — BTS merilis album baru mereka “BE” bersamaan dengan video musik lagu utamanya Life Goes On pada Jumat (20/11/2020). Grup beranggotakan tujuh orang ini membagikan pesan positif saat pandemi virus korona untuk penggemar.

“Album “BE” adalah cerminan jujur dari emosi rumit yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 tahun ini yang membawa perasaan takut, tidak berdaya, dan tidak nyaman ke dalam kehidupan banyak orang. Namun, album ini membawa pesan inspiratif bahwa bahkan di saat-saat sulit seperti ini, kita harus mengatasinya,” ungkap BigHit Entertainment dikutip dari soompi.com

Terdapat delapan lagu dalam album ini, yaitu tujuh lagu baru dan satu lagu keluaran BTS Agustus lalu, Dynamite. Lagu utama, Life Goes On diiringi alunan gitar akustik dan memberikan pesan, kehidupan harus tetap berjalan saat menghadapi gangguan mendadak maupun dalam keadaan yang tidak diinginkan.

Melansir dari variety.com, RM mengatakan bahwa Life Goes On mempunyai pesan utama yang sama dengan Dynamite, tapi lebih berbobot, tulus, dan lembut. Untuk mendengarkan Life Goes On, Ultimates dapat menonton musik videonya di bawah ini.

Blue & Grey adalah lagu genre ballad yang mengekspresikan kesedihan dan depresi. Telepathy yang bergenre retro disko pop adalah lagu tentang momen BTS bersama ARMY, sebutan penggemar BTS. Melalui lagu Dis-ease yang bergenre hip-hop, BTS membawakan pesan harapan sedangkan Skit adalah reaksi murni anggota BTS saat mereka mendapat kabar bahwa Dynamite menduduki posisi pertama dalam Billboard Hot 100.

“BE” mempunyai dua lagu unit, salah satunya Fly to My Room yang menggabungkan SUGA, J-Hope, Jimin, dan V. Lagu ini merupakan interpretasi larangan bepergian akibat pandemi. Di sisi lain, RM, Jin, dan Jungkook membawakan Stay dengan pesan ‘meskipun kita terpisah jauh, kita akan tetap terus bersama’. 

Dalam proses produksi “BE”, BTS terlibat langsung mulai dari perancangan tema album, produksi musik, musik video, visual album, hingga pemotretan. Musik video Life Goes On sendiri disutradarai oleh anggota termuda, Jungkook. Video berdurasi hampir 4 menit ini berlatar tempat tinggal BTS dan kegiatan mereka di rumah selama pandemi virus korona di Korea Selatan. 

“BE” merupakan album kedua BTS yang rilis tahun ini. Sebelumnya, pada Februari 2020 grup besutan BigHit Entertainment ini merilis “Map of The Soul: 7” dengan ON  sebagai lagu utamanya. Album “Map of The Soul:7” pun berhasil membawa pulang penghargaan The Album of 2020 pada People’s Choice Awards 2020.

 

Penulis: Jessica Elisabeth Gunawan

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: twitter.com/bts_official

Sumber: soompi.com, variety.com, billboard.com