EURECA 2021 Tetap Semangat Adakan Kompetisi Bisnis di Era Pandemi

EURECA 2021 Tetap Semangat Adakan Kompetisi Bisnis di Era Pandemi (Ultimagz)
EURECA 2021 tetap adakan kompetisi bisnis secara daring di tengah hiruk-pikuk pandemi (Foto: Dokumentasi EURECA)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Entrepreneur Creative Challenge (EURECA) 2021 edisi ke-11 mengangkat tema Perceiving Changes to Achieve Competence atau disingkat PERSISTENCE. Acara Universitas Prasetiya Mulya ini diselenggarakan secara daring selama empat hari dari 1—4 September 2021.

EURECA terdiri dari dua kompetisi utama, yaitu Business Plan Competition (BPC) dan Marketing Plan Competition (MPC). BPC merupakan kompetisi untuk menyusun rencana bisnis yang sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia. Selain level universitas, BPC juga mengadakan kompetisi di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sementara itu, MPC merupakan kompetisi di mana para partisipan ditantang menyelesaikan kasus nyata yang disediakan oleh para case contributor. Berbeda dengan BPC, MPC hanya tersedia di level universitas. Selain kedua kompetisi tersebut, EURECA juga mengadakan mini games yang dinamakan Business Race. Dalam Business Race, para partisipan diajak untuk mengikuti permainan dengan konsep time travel yang terbagi ke dalam 3 tahap: Present, Future, dan Past.

Kompetisi tersebut lalu ditutup dalam acara Awarding Night yang diadakan pada Sabtu (04/09/21). Dalam acara tersebut, diumumkan pemenang dari seluruh cabang kompetisi. Selain juara 1 sampai 3, terdapat juga juara best speaker yang dimenangkan secara individu. Selain itu, juga tersedia kategori juara best creative video untuk BPC.

EURECA 2021 menuai pujian dari para pesertanya atas keseruan kompetisi. “Pertama kali (ikutin kompetisi EURECA) seru banget. Apalagi Business Race-nya walaupun pertama kali main, tapi memiliki kesan yang baik,” ujar Rizka Adilla, salah satu anggota tim Timart yang memenangkan kategori video terbaik BPC tingkat Universitas.

Selain itu, EURECA 2021 juga dipuji atas berjalannya kompetisi yang lancar. “Acaranya super rapi. Ini acara lomba paling rapi yang pernah aku ikuti,” kata Jefferson Gunawan, salah satu anggota tim XLR8 yang memenangkan juara 1 MPC.

 

Penulis: Louis Brighton Putramarvino

Editor: Charlenne Kayla Roeslie

Foto: Dokumentasi EURECA