Fasilkom UI Usung Konsep Teknologi Futuristik dalam COMPFEST X

Potret pengunjung yang turut meramaikan arena playground pada main event COMPFEST X yang diadakan di Balairung Universitas Indonesia, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (30/09/18). (ULTIMAGZ/Devonseta)
Share:

DEPOK, ULTIMAGZ.com – Ajang COMPFEST X besutan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) kembali digelar di Balairung UI, Depok pada 29-30 September 2018 dengan mengusung konsep teknologi futuristik bertema Unveil The Future by Advancing Education of Technology in Indonesia. Pada tahun ke-10 penyelenggaraannya, COMPFEST X hadir dengan beragam rangkaian acara seperti academy, lomba, seminar, dan playground.

“Sebenarnya, kami mahasiswa Fasilkom belajar banyak tentang teknologi dan yang kami sadari enggak semua orang tahu apa yang kami tahu. Jadi, kami mau nunjukin bahwa masa depan tuh kayak gini, lho,” kata Project Officer COMPFEST X Zieggy Ronnavelly atau yang akrab disapa Egy.

Egy menambahkan, COMPFEST X tidak hanya bertujuan untuk menyingkap perkembangan teknologi masa depan. Lebih dari itu, COMPFEST X diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi para pengunjung. Oleh karena itu, acara yang diadakan sejak tahun 2009 ini memiliki deretan rangkaian pra-acara yang sudah dimulai sejak April 2018 lalu.

Sebanyak 74 pengisi pameran turut meramaikan arena playground pada main event COMPFEST X, salah satunya yaitu Go-jek. (ULTIMAGZ/Devonseta)

Sebagai acara utama, COMPFEST X menyuguhkan talkshow dari para social influencer Indonesia, antara lain Agung Hapsah dan Raditya Dika. Selain itu, acara ini juga menghadirkan arena playground yang dimeriahkan oleh 74 pengisi pameran yang merupakan start-up, komunitas, hingga TI. Pada dasarnya, arena playground ini merupakan sebuah pameran TI berkonsep gamifikasi di mana pengunjung bisa belajar dan ikut berpartisipasi dengan memainkan tantangan interaktif yang disiapkan oleh masing-masing booth.

Playground hadir dengan konsep gamifikasi karena kita mau menunjukkan bahwa untuk acara pameran kayak gini, bisa lho pakai sistem poin, teknologi website, serta kode QR. Kami mau meng-emphasize future and technology,” ungkap Egy.

Acara lainnya adalah academy yang menjadi wadah bagi partisipan untuk belajar dan berlatih di bawah bimbingan para mentor yang ahli di bidangnya. Beberapa tema yang diusung dalam rangkaian acara academy yaitu data science, software engineering, dan start-up. Selain academy, COMPFEST X juga mengadakan beragam lomba yaitu Business-IT Case, Competitive Programming Contest, Capture The Flag, Chatbot Invansion, dan Indie Game Ignite.

Pun, COMPFEST X turut mengadakan seminar dengan membahas topik-topik hangat seputar dunia TI, di antaranya blockchain technology, artificial intelligence, digital business, hingga smart city. Deretan pembicara utama yang hadir antara lain CEO Kumparan Hugo Diba, Lead Global Engineer LINE Corp Matthew Tanudjaja, dan Senior Data Scientist Go-jek Ardya Dipta Nandaviri.

Dengan diselenggarakannya COMPFEST X, Egy berharap bisa menggugah mahasiswa lainnya untuk menyelenggarakan acara serupa sehingga muncul acara seperti COMPFEST di tempat-tempat lainnya. Dengan begitu, ia pun berharap Indonesia bisa semakin maju dan berkembang.

“Untuk mahasiswa lain di luar sana, ‘Know your role’. Di sini gue mau meng-emphasize bahwa fakultas-fakultas di setiap universitas harus bisa mengabdi dengan caranya masing-masing and this is our way (Fasilkom UI) untuk mengabdi dengan bikin acara seperti ini,” ujar Egy.

Sebelumnya, Fasilkom UI juga menyelenggarakan COMPFEST 9 dengan tema Catalyzing Indonesia’s People Development Towards Digital Society. Acara puncak COMPFEST 9 yang digelar di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, saat itu juga menghadirkan arena playground dengan 62 pengisi pameran yang berasal dari start-up maupun pegiat TI.

 

Penulis: Galuh Putri Riyanto

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Devonseta