HanSan Festival Ajarkan Koreografi Lagu Terbaru NCT U

Juara KPOP World Festival 2016 Aldy Berlian (kiri) melatih peserta Hansan Dance Workshop pada Rabu (09/05/2017) lalu di UMN. (ULTIMAGZ/Nadine K. Azura)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Peserta Dance Workshop HanSan Festival 2018 antusias mengikuti bimbingan anggota Grup Dance Cover Korea Kryptonite Aldy Berlian, Rabu (09/05/2018) lalu. Kali ini, peserta diajarkan tentang koreografi dari lagu berjudul Boss milik boyband Korea NCT U.

Pada pelatihan yang diadakan di ruang B301,Gedung B, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) itu, Aldy mengaku tak mengajarkan koreografi satu lagu penuh. Ia terpaksa memilah bagian-bagian inti dari koreografi di dalam lagu terbaru NCT U itu.

“Aku bikin potongan sendiri. Soalnya, kalau satu lagu penuh waktunya enggak cukup, terbatas, jadi diminalisir saja bagian-bagian pentingnya,” ungkap Aldy yang pernah menjadi peserta K-Pop World Festival (KWF) 2016 di Korea itu.

“Kalau untuk dance cover itu kan lebih lihat video kan soalnya, jadi harus konsertrasi banget. Terus kalau yang enggak bisa cepat menghafal, bikin slowmotion dulu videonya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Aldy menjelaskan perbedaan antara dance cover dengan tari modern lainnya, yakni dance cover bukan hanya menekankan pada teknik gerakan tarinya. Menurut Aldy, kemiripan dengan artis yang ditiru menjadi poin penting dalam dance cover.

“Seberapa mirip (penampilan) kita, seberapa kita menjiwai sama artis yang kita cover. Itu sih yang bikin beda,” jelas pelatih yang juga menjadi juri Dance Cover HanSan Festival 2018 itu.

Berbekal informasi dari kerabatnya yang merupakan mahasiswa UMN, Afrina Farah Fauziah atau yang akrab disapa Nina mengaku tertarik mengikuti Dance Workshop HanSan Festival untuk menyalurkan hobinya.

“Seru sih di sini, terus juga dance-nya diajarkannya secara detail,” ujar Nina.

“Soalnya memang aku suka NCT dan aku suka dance juga,” ungkap siswi yang masih duduk di kelas 1 SMP itu.

Selaras dengan Nina, Mahasiswi Jurnalistik UMN 2016 Laurensia Felise berpendapat pelatihan yang diberikan Aldy cukup menambah wawasan dan keluwesan dalam menari ala K-Pop. Lebih jauh, ia juga mengungkapkan pandangannya terhadap dance cover.

“Buat hobi, sama media olahraga juga,” ujarnya diakhiri tawa.

Pelatihan tari yang digelar oleh HanSan Festival ini terbuka untuk umum setiap tahunnya. Tercatat, 28 peserta hadir mengikuti pelatihan pada hari itu.

 

 

Penulis : Anindya Wahyu Paramita

Editor : Gilang Fajar Septian

Fotografer : Nadine K. Azura