J-CAFEST 5 Campurkan Budaya Tradisional dengan Retro

J-CAFEST 5
J-CAFEST 5 saat mengumumkan hasil perlombaan cosplay, Sabtu (08/05/2021). (Foto: J-CAFEST 5)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pecinta kebudayaan Jepang, J-CAFÉ, kembali menggelar festival kelima mereka mengenai budaya pop dan modern Jepang. Bertajuk J-CAFEST 5, festival yang digelar tahun ini memiliki konsep retro yang bercampur dengan budaya tradisional.

“J-CAFEST 5 adalah acara dibawah naungan J-CAFÉ  yang mendukung kreativitas masyarakat UMN maupun luar UMN,” tulis keterangan resmi yang diterima ULTIMAGZ. 

Konsep retro dan budaya tradisional dapat terlihat pada tampilan Instagram resmi mereka (@jcafest_umn). Ultimates dibawa kembali ke era 80-an ditemani dengan tiga maskot utama mereka, yaitu seorang reporter, detektif, dan polisi. Dilengkapi dengan trivia-trivia yang ada, perjalanan J-CAFEST tahun ini semakin menarik sekalipun dilaksanakan secara daring.

Lengkap dengan cerita sampingan masing-masing maskot, Ultimates juga diajak untuk memecahkan kasus bersama dalam sebuah panel komik.

Baca juga: Meriahkan Gairah Musik Lokal Bersama The 11th Music Gallery

Tidak hanya aktif di media sosial, beragam jenis lomba juga berhasil diadakan oleh J-CAFEST 5 pada awal April. Terdapat lomba karaoke dan cosplay bertema bebas, serta fan art and illustration dengan tema “Japanese 80s”.

Terdapat pula seminar yang diadakan dengan tema “Refleksi Budaya Jepang di Indonesia pada Tahun 80-an”. Pembicara yang hadir merupakan seorang dosen dari Universitas Indonesia, Rouli Esther Pasaribu, membawakan ilmu seputar kebudayaan 80-an Jepang yang memasuki Indonesia.

Acara utama J-CAFEST 5 diadakan pada 6-8 Mei 2021 dengan rangkaian kegiatan yang cukup padat. Selama tiga hari, terdapat siaran radio, review lomba, pengumuman pemenang, dan pertunjukan dari J-CAFÉ dan Waltzio (orkestra alat musik khas Jepang).

Tahun ini, J-CAFEST 5 diadakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang diadakan setiap bulan November. Di tengah pandemi, festival yang rutin dilakukan di lobi UMN kini harus dilakukan secara daring. 

Sebelumnya, J-CAFEST 4 juga telah terlaksana pada 2019 dengan tema Mythical Japan. Lebih lengkapnya, Ultimates bisa mengunjungi akun Instagram mereka, @jcafest_umn.

Penulis: Andia Christy

Editor: Maria Helen Oktavia

Foto: J-CAFEST 5