Jazz Goes to Campus Hadirkan Talkshow pada Tahun ke-41

(kiri-kanan) Suryo Pujo Nagoro selaku Vice project The 41st Jazz goes to campus, Muhammad Raihan Dwisatria selaku project officer The 41st Jazz goes to campus dan Timothy Rian Gilbert selaku program director The 41st Jazz goes to campus dalam konferensi pers yang diadakan pada Jumat (02/11/12) di Institute Français d'indonésie, Jakarta pusat. (ULTIMAGZ/Felisitasya Manukbua)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Untuk pertama kalinya, Jazz Goes to Campus (JGTC) menghadirkan talkshow dalam rangkaian acara pre-event. Hal ini menjadi salah satu upaya JGTC memperluas pengetahuan tentang musik jazz di tengah masyarakat.

Ketua JGTC 2018 Muhammad Raihan Dwisatria menjelaskan, JGTC Talkshow merupakan pengembangan dari salah satu ­pre-event JGTC yang sebelumnya bernama JGTC Clinic, yaitu pelatihan yang diperuntukan bagi peserta JGTC Competition. Berbeda dengan JGTC Clinic, jangkauan peserta JGTC Talkshow diperluas. Selain peserta JGTC Competition sendiri, masyarakat umum juga diperbolehkan berpartisipasi.

“Kami merasa yang daftar JGTC Competition sebenarnya sudah ahli dalam bermain jazz dan kami rasa dalam waktu 2,5 jam (durasi JGTC Clinic) pun kurang efektif untuk mereka mendapat ilmu baru. Makanya, kita ubah menjadi JGTC Talkshow,” tutur Raihan saat ditemui usai pembukaan dan konferensi pers JGTC di Institut Français d’Indonésie (IFI), Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (02/11/18).

JGTC Talkshow diadakan di Conclave Wijaya, Jakarta Selatan pada Sabtu (03/11/18) mulai pukul 13.00-18.00 WIB. Tahun ini, JGTC Talkshow memberi wawasan tentang pasar musik jazz di Indonesia, bagaimana memenuhi selera masyarakat, serta cara yang tepat bagi musisi jazz untuk melakukan branding.

“Harapan kami ketika musisi baru atau peserta band competition masuk ke industri musik jazz, mereka sudah bisa mem-branding dirinya dan menciptakan market buat dirinya,” tambah Raihan.

Setidaknya ada sembilan rangkaian acara dalam festival musik jazz tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) ini. Rangkaian acara tersebut meliputi JGTC Opening & Press Conference, JGTC Talkshow, JGTC Band Competition,  JGTC Roadshow to Semarang, JGTC Gathering and Charity Night, JGTC Community Night,  JGTC Museum, JGTC Choice Award, dan JGTC Festival.

Pada tahun ke-41 ini, sejumlah musisi seperti Hivi!, Andien Aisyah, Glen Fredly, Warna, Teddy Adhitya, hingga Dwiki Dharmawan dan Reza Artamevia juga akan hadir memeriahkan JGTC Festival pada 2 Desember 2018 mendatang.

 

Penulis: Anindya Wahyu Paramita

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Felisitasya Manukbua